Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Rahasia Kompak di Lapangan ala Debby Susanto
06 Oktober 2016
Rahasia Kompak di Lapangan ala Debby Susanto
 
 

Untuk berprestasi di ajang bulutangkis nomor ganda tidak cukup bermodal skill dan teknik. Lebih dari itu, kekompakan merupakan unsur utama pasangan ganda dalam menaklukkan lawan. Hal ini sudah dipraktikkan Debby Susanto bersama pasangannya Praveen Jordan. Hasilnya, mereka berhasil menjuarai All England Open Super Series 2016 di nomor ganda campuran.

Gelar juara tersebut, menurut gadis kelahiran Palembang 27 tahun silam ini tak akan pernah berhasil diraih jika ia dan Praveen tak kompak di lapangan. Lalu, apa rahasia menjaga kekompakan ala Debby?

Turunkan Egoisme

Beda dengan nomor tunggal, nomor ganda itu terdiri dari dua pribadi dengan karakter, kemampuan, dan kelebihan yang berbeda satu sama lain. Ego saling menonjolkan diri sudah semestinya dihilangkan karena yang paling penting, kerja sama antar pasangan untuk memenangkan pertandingan. Jadi turunkan egoisme saat bemain di nomor ganda!

Open Minded

Ada kalanya kita membuat kesalahan saat bertanding, kemudian pasangan kita memberikan saran dan kritik agar hal tersebut tak terulang. Terima kritik itu dengan pikiran terbuka karena semuanya dilakukan demi kemenangan tim. Selain itu, terbuka dalam memberi saran dan kritik juga bermanfaat untuk saling menambal kekurangan masing-masing.

Jaga komunikasi

Penyusunan organisasi dan strategi permainan mustahil bisa diterapkan tanpa komunikasi yang baik antar pemain di nomor ganda. Karena itu, menjaga komunikasi di lapangan saat bertanding sangat penting. Tidak hanya di lapangan, di luar lapangan pun komunikasi harus terjalin baik. Ini dilakukan agar chemistry dapat terjalin sehingga berdampak pada kualitas permainan.

Mencapai prestasi maksimal dan keluar sebagai kamipun dalam sebuah kejuaraan bulutangkis bertaraf internasional adalah impian Debby Susanto yang jadi kenyataan. Rajin berlatih, pantang menyerah, dan berpikir positif adalah modal dasarnya untuk menggapai hal tersebut. Tapi bagi yang turun di nomor ganda, ada satu lagi yang perlu ditambahkan agar berprestasi di nomor ini, yaitu jaga kekompakan dengan pasangan bermain.