Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Tips Juara dari Praveen Jordan : Jangan Takut!
06 Oktober 2016
Tips Juara dari Praveen Jordan : Jangan Takut!
 
 

Pertandingan demi pertandingan dan lawan-lawan yang berat sudah pernah dihadapi oleh pria kelahiran Bontang 26 April 1993 ini. Usaha dan latihan keras bersama partner gandanya, Debby Susanto juga telah membuahkan hasil yang manis, diantaranya semifinalis BWF Super Series 2015, juara India Grand Prix Gold 2016, dan  juara All England Super Series Premier 2016. Lalu, apa rahasianya?

1. Jangan Takut Bermimpi

Saat memutuskan untuk berkarir di dunia bulutangkis, seorang atlet harus berani menetapkan impian yang setinggi-tingginya. Seperti Praveen, meskipun sudah berhasil menyabet gelar juara All England, ia masih ingin menjadi juara Olimpiade. Karena Olimpiade adalah tingkatan tertinggi prestasi setiap atlet di dunia.

2. Jangan Takut Capek

Mulai dari saat audisi umum, berlatih di klub atau bahkan di pertandingan yang sesungguhnya, seorang atlet harus berani capek. Seorang atlet bulutangkis yang tidak takut capek artinya ia berani mengerahkan segenap tenaga dan kemampuannya untuk memberikan hasil yang terbaik. Praveen juga mengakui, latihan di PB Djarum cukup berat, namun semangatnya terpacu karena pelatih-pelatihnya adalah nama-nama besar yang bersinar di dunia bulutangkis Indonesia.

3. Jangan Takut Bicara

Kunci dari keberhasilan pasangan ganda di bulutangkis adalah komunikasi. Karena itulah jangan pernah takut untuk bicara padapartner, baik di dalam maupun di luar lapangan. Jangan sampai ada ego antar pemain, dan jangan lupa untuk saling mendukungpartner apapun keadaannya. Sama seperti yang dilakukan Praveen saat partner-nya sakit, ia harus tetap memberi semangat dan berjuang bersama sebagai satu tim.

4. Di Lapangan, Jangan Takut Siapapun

Ini adalah tips yang paling penting. Siapapun lawan yang dihadapi di lapangan, kita harus percaya dengan kualitas diri sendiri. Tentunya kualitas diri ini juga ditentukan dengan kualitas latihan yang dilakukan oleh si atlet. Dan setelah semuanya sudah maksimal, jangan pernah merasa takut dengan lawan, siapapun orangnya. Karena jika kita merasa takut, maka itu artinya kita sudah kalah sebelum bertanding.

Menjadi juara bukanlah perkara yang mudah, siapapun pasti setuju dengan pernyataan ini. Tapi jika seorang juara seperti Praveen Jordan sudah memberikan tips seperti ini, maka sudah menjadi tugas generasi muda bulutangkis untuk meneruskan apa yang sudah dibangun oleh para juara bulutangkis Indonesia!