Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Hong Kong Open Super Series 2014] Ahsan/Hendra Bawa Pulang Gelar Juara
24 November 2014
[Hong Kong Open Super Series 2014] Ahsan/Hendra Bawa Pulang Gelar Juara
 
 

Pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan akhirnya berhasil meraih gelar juara pada turnamen bulutangkis Hong Kong Open Super Series 2014. Ahsan/Hendra berhasil menutup rangkaian kejuaraan seri Super Series di tahun 2014 dengan manis. Namun perjuangan menuju podium tertinggi harus dilalui dengan susah payah.

Di babak final yang dilangsungkan kemarin (23/11), ganda China Liu Xiaolong/Qiu Zihan sepertinya tidak mau melepas gelar juara begitu saja. Lebih dari satu jam pertandingan keduanya berkesudahan dengan rubber game untuk Ahsan/Hendra. Pertandingan di game pertama berlangsung imbang hingga kedudukan 13-13. Lepas angka 13, pasangan China mulai banyak kehilangan angka karena kesalahan sendiri. Ahsan/Hendra pun melesat dan menang dengan 21-16.

Keadaan berbalik di game kedua. Setelah angka sama 14-14, justru pasangan Indonesia yang banyak membuat kesalahan. Praktis game kedua menjadi milik ganca China dengan 21-17.

Keadaan sempat mengkhawatirkan di game penentuan. Ganda China membuat pasangan Indonesia tertekan sampai jeda game kedua dan kedudukan menjadi 11-7 untuk pasangan China. Namun rupanya setelah perpindahan tempat, ganda Indonesia balik menekan ganda China dan meluncur deras hingga merebut game ketiga dengan 21-15. Kemenangan Ahsan/Hendra dari Ganda China yang menempati peringkat 9 dunia ini, membuat head to head keduanya berubah 2-1, masih untuk kemenangan ganda China.

“Saat tertinggal kami melawan arah angin, jadi saya banyak tertekan dan pengembalian saya banyak yang tanggung, ini menguntungkan buat lawan,” ujar Hendra kepada badmintonindonesia.org.

“Pasangan China ini punya permainan yang cepat dan tenaga mereka kuat. Pada pertandingan tadi, kami bisa mengimbangi dan adu kecepatan dengan mereka,” tambah Ahsan.

Indonesia berbagi satu gelar dengan Taipei dan Korea Selatan. Sementara China memboyong dua gelar dari ganda Campuran dan ganda putri.

Hasil Final
Ganda Putri: Tian Qing/Zhao Yunlei (CHN) – Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (JPN) : 21-13, 21-13.
Tuggal Putri: Tai Tzu Ying (TPE) – Nozomi Okuhara (JPN) : 21-19. 21-11
Tunggal Putra: Son Wan Ho (KOR) – Chen Long (CHN) 21-19, 21-16
Ganda Campuran: Zhang Nan/Zhao Yunlei (CHN) – Xu Chen/Ma Jin (CHN) : 21-14, 21-19
Ganda Putra: Mohammad Ahsan/Hendra Swetiawan (INA) – Liu Xiaolong/Qiu Zihan (CHN) : 21-16, 17-21, 21-15. (AR)