Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Badminton Asia Championships 2015] Taklukkan Xu/Ma, Tontowi/Liliyana ke Final
26 April 2015
[Badminton Asia Championships 2015] Taklukkan Xu/Ma, Tontowi/Liliyana ke Final
 
 

Perjumpaan ke-18 antara Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melawan Xu Chen/Ma Jin akhirnya berhasil dimenangkan andalan tanah air. Perjumpaan yang terjadi di semifinal Kejuaraan Bulutangkis Asia (BAC) di semifinal kemarin (25/4) ini berhasil dimenangkan Tontowi/Liliyana dalam dua game langsung.

Pertarungan sempat berangsung ketat di awal game pembuka. Tontowi/Liliyana yang sempat unggul 6-3, justru malah kehilangan angka dan skor menjadi imbang 7-7. Berhasil memimpin 11-9 di interval, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini berhasil melejit dengan meraih enam angka beruntun sebelum menutup game pertama dengan 21-12.

Sempat tertinggal 1-3 di awal game, Owi/Butet berhasil kembali memegang kendali laga dan balik unggul 6-4. Dan untuk terakhir kalinya mereka membiarkan Xu/Ma memimpin di kedudukan 7-8, sampai akhirnya mereka kembali terus memimpin perolehan angka dan meraih tiket final dengan, 21-15.

“Kami berhasil bermain lebih tenang, tidak seperti biasanya. Kami berusaha untuk tetap tenang, fokus dan tidak terburu-buru. Kami fokus terus tiap poin,” ujar Liliyana seperti dilansir badmintonindonesia.org

Di perebutan gelar juara yang akan digelar hari ini (26/4) Owi/Butet akan berjumpa dengan pasangan Hong Kong, Lee Chun Hei Reginald/Chau Hoi Wah yang menyingkirkan Praveen Jordan/Debby Susanto di perempat final sebelumnya. Lee/Chau ke partai puncak usai menyingkrikan wakil Jepang, Kenichi Hayakawa/Misaki Matsutomo dengan 21-17 dan 21-19.

Partai final nanti akan menjadi pertemuan ketiga bagi dua pasangan ini. Mereka pernah berjumpa di Kejuaraan Dunia BWF 2013 silam dan Singapore Open Super Series awal tahun lalu, dimana keduanya berhasil dimenangkan oleh unggulan dua ini kebanggaan Indonesai ini.

“Terakhir kami ketemu di Singapura dan menang. Game pertama bisa menang mudah, tapi game kedua juga sempat ramai. Walaupun head to head kami unggul, tapi kami mau anggap aja nol-nol, belum pernah ketemu. Apalagi ini kan babak final,” pungkas Liliyana. (IR)