Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Dua Kemenangan Awal Tahun
01 Februari 2016
Dua Kemenangan Awal Tahun
 
 

Tiga pemain klub PB Djarum mampu memulai prestasi internasional yang baik di bulan Januari 2016. Ketiganya yakni Praveen Jordan, Debby Susanto, Kevin Sanjaya dan bersama Gideon Marcus Fernaldi mampu meraih podium tertinggi. Dua gelar juara diraih mereka untuk kejayaan bulutangkis Indonesia.

Pasangan Kevin/Gideon berhasil menjuarai nomor ganda putra Malaysia Masters Grand Prix Gold 2016. Di kejuaraan yang berlangsung di stadion Spice, kota Penang, Malaysia tersebut, pasangan Indonesia mengalahkan pasangan tuan rumah Koo Kean Keat/Tan Boon Heong, 18-21, 21-13 dan 21-18, di final.

Kemenangan ini mempunyai arti tersendiri buat Kevin dan Gideon. Ini gelar level grand prix gold pertama mereka sebagai pasangan. Gelar tertinggi sebelumnya yang diraih pasangan Kevin/Gideon adalah di level Grand Prix dimana mereka menjadi juara Chinese Taipei Grand Prix 2015.

Demikian pula dengan pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Debby Susanto. Mereka menjuarai India Grand Prix Gold 2016 setelah mengalahkan pasangan Thailand Puavaranukroh Dechapol/Sapsiree Taerattanachai, 23-25, 21-9 dan 21-16, di final. Gelar ini juga merupakan gelar grand prix gold pertama mereka sejak dipasangkan. Bahkan merupakan gelar pertama di rangkaian turnamen BWF. Satu-satunya gelar juara sebelumnya adalah ketika mereka memenang medali emas di ajang multi cabang SEA Games 2015.

Kemenangan Praveen/Debby juga sangat besar artinya dalam menambah poin dalam rangkah perebutan tempat di Olimpiade. Jika Indonesia ingin mengirimkan dua pasanganya, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dan Praveen/Debby ke Olimpiade Rio 2016, maka mereka harus mempertahankan di peringkat 8 besar. Saat ini Tontowi/Liliyan berada di peringkat ke-4 dan Praveen/Debby di peringkat ke-7 pada BWF Race to Rio Rangkings.

Pekan depan, Praveen/Debby akan kembali berburu poin di Thailand Masters Grand Prix Gold 2016 yang berlangsung, 8-13 Februari. Kevin/Gideon yang juga akan tampil di turnamen ini. Semoga mereka meraih gelar lagi atau pemain Indonesia lainnya bersemangat meraih panggung. (HK)