Turnamen Nasional
Home > Berita > Turnamen Nasional > [Kejurnas PBSI 2016] Zulkifli Juara, Jawa Tengah Raih Empat Gelar
10 Desember 2016
[Kejurnas PBSI 2016] Zulkifli Juara, Jawa Tengah Raih Empat Gelar

Ramdhani M Zulkifli butuh satu jam lebih untuk bisa menjadi juara di Kejuaraan Nasional (Kejurnas) PBSI 2016 nomor tunggal taruna putra. Atlet yang akrab disapa Zul ini berhasil menjadi juara usai mengalahkan Tri Haryanto dari Jawa Barat pada Sabtu (10/12) siang.

Menghadapi Tri, Zul tampak tak bisa lepas dari tekanan sejak pertandingan di mulai. Ia terus tertinggal dan akhirnya kehilangan game pertama dengan 16-21. Sementara di game kedua dan ketiga, Zul terlihat bermain lebih sabar, banyak penempatan bola dan serangannya menyulitkan unggulan empat itu. Menang tipis 21-18, Zulkifli akhirnya sukses menjadi juara setelah menutup laga ini dengan 21-15.

“Di game pertama saya merasa sangat tegang, kecepatan dan power dia masih 100% kan, dia masih cepat. Disitu juga saya banyak melakukan kesalahan, banyak bola pengembalian saya kurang sempurna,” ujar Zul usai laga.

“Di game kedua dan ketiga saya mencoba bermain lebih sabar, dan banyak rally. Memasuki game kedua ini saya mulai melihat kalau Tri stamina dan kecepatannya mulai berkurang, tidak seperti di game pertama. Bisa menang di game kedua ini menjadi modal lagi bagi saya, dan di game ketiga saya coba bermain dengan tempo lebih cepat dan menyerang,” tambahnya.

Kemenangan Zul atas Tri ini menjadi revans dimana sebelumnya, Zul dipaksa mengakui keunggulan Tri di Superliga Junior yang digelar bulan lalu di Magelang.

“Pastinya saya bersyukur dan senang dengan gelar juara ini, akhirnya saya bisa memenuhi target. Apalagi selama di Kejurnas ini pertandingan selalu berat, karena hanya 16 pemain. Semoga nanti bisa lebih baik lagi,” pungkasnya.

Dengan hasil ini, maka tim Jawa Tengah yang diperkuat oleh atlet-atlet PB Djarum sukses meraih empat dari lima gelar perorangan taruna yang tersedia.

Berikut hasil lengkap Kejurnas PBSI 2016 nomor perorangan taruna

Ganda campuran: Yeremia Erich Yotje Yacob Rambitan/Winny Oktavina Kandow [DKI Jakarta] vs Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti [Jawa Tengah] 21-15, 19-21, 21-14

Tunggal putri: Ghaida Nurul Ghaniyu [Jawa Tengah] vs Wulan Cahya Utami Suko Putri [Jawa Tengah] 21-18, 21-12

Ganda putri: Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma [Jawa Tengah] vs Apriani Rahayu/Jauza Fadhila Sugiarto [DKI Jakarta] 17-21, 21-17, 21-19

Ganda putra: Bagas Maulana/Calvin Kristanto [Jawa Tengah] vs Pramudya Kusumawardana/Rehan Naufal Kusharjanto [Jawa Tengah] 21-16, 21-9

Tunggal putra: Ramadhani M Zulkifli [Jawa Tengah] vs Tri Haryanto [Jaw Barat] 16-21, 21-18, 21-15. (RI)