Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Audisi Umum 2017] Fung: Teknik Dasar Jadi Modal Utama
05 Agustus 2017
[Audisi Umum 2017] Fung: Teknik Dasar Jadi Modal Utama
 
 

Tahap screening di Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 di Kota Surabaya sudah berakhir pada Sabtu (5/8) sore. Dari 562 peserta yang terdiri dari 441 peserta putra dan 121 peserta putri, akhirnya berhasil meloloskan sebanyak 192 peserta ke tahap turnamen. Angka ini terdiri dari 32 peserta putri U11, 32 peserta putri U13, sementara itu di nomor peserta terjaring masing-masing 64 peserta.

“Sejauh ini hasil screening belum terlihat bakat-bakat yang menonjol. Mungkin ada pengaruh dari keolompok umur yang diturunkan. Tahun lalu kan ada U15 yang kemampuan bertandingnya lebih baik dibanding atlet yang berusia 12 tahun, jadi belum lihat yang istimewa,” ujar Fung Permadi, manajer tim PB Djarum sekaligus pemimpin tim pencari bakat kali ini.

Meski demikian, Fung pun mengaku sudah menemukan beberapa peserta yang terlihat memiliki prospek yang menjanjikan. Ia pun mengutarakan bahwa teknik dasar peserta Audisi Umum menjadi aspek terbesar dalam menentukan apakah mereka lolos tahap screening atau tidak. “Kita lihat kemampuan teknik dasarnya seperti apa, yang penting memang teknik dasarnya dulu seperti apa,” tambahnya.

Baca juga: [Audisi Umum 2017] Peserta U11 Putri Memasuki Tahapan Turnamen

Peningkatan kualitas peserta pun memang diakui Fung terus meningkat, tetapi tantangan bagi calon-calon juara dunia ini pun bertambah. “Anak-anak sekarang lebih memiliki modal. Ekonomi lebih baik, gizi juga lebih baik. Tetapi tantangannya juga banyak, makanan sekarang lebih banyak yang kurang sehat, sudah tidak makan nasi tim ayam lagi. Dan di era sosial media seperti sekarang, dan ini berhubungan dengan cara berpikir mereka. Ke depannya akan mengedepankan apa yang tidak terlihat. Kalau yang terlihat kan seperti teknik tadi, yang tidak terlihat bagaimana hatinya mereka, bagaimana menularkan cara berpikir sebagai juara. Jadi harus diperkuatkan spiritualitasnya,” pungkas Fung.

Peserta putri pun sudah menyelesaikan tahap babak pertama turnamen, sementara peserta putra akan melakoni laga ini mulai besok (6/8) pagi pukul 09.00 WIB. (RI)

Baca juga: [Audisi Umum 2017] GOR Satria Purwokerto Dipadati Peserta Audisi