Wawancara
Home > Berita > Audisi Umum > [Audisi Umum 2017] Satu-satunya Wakil dari Pulau Dewata Terus Melaju
09 September 2017
[Audisi Umum 2017] Satu-satunya Wakil dari Pulau Dewata Terus Melaju

Persaingan sengit di Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 terus berlanjut. Setelah bertanding dua kali pada Jum'at (8/9) kemarin, peserta pun kembali berlaga di pertandingan ketiga mereka yang digelar Sabtu (9/9). Laga seru terjadi antar peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia. Mereka berhasrat lolos ke tahap akhir dengan upaya terbaik. Peluh keringat, sesekali teriakan, raut wajah yang tegang beberapa kali terlihat dari para peserta yang bertanding di GOR Djarum Jati, Kudus.

Begitu pula dari para orang tua dan pelatih. Mereka berupaya mendukung anak-anaknya mengeluarkan kemampuan maksimal. Ada yang memberi  tepuk tangan, motivasi, bahkan nasihat strategi bermain. Seperti dilakukan oleh Ngurah, ayah dari Gusti Ayu Komang Sanita Cinta yang biasa dipanggil Ayu. Dia selalu mendampingi anaknya bertanding dengan sesekali membisikkan sesuatu saat Ayu bertanding.

"Saya berusaha memberi dukungan semangat, biar dia lebih fokus, dan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya," ujar Ngurah.

Meski demikian, ini tetaplah sebuah pertandingan. Akan ada yang menang ada yang kalah. Meski terus ditegaskan bahwa menang kalah bukan aspek penilalain utama oleh para pelatih PB Djarum. Para peserta yang kalah tetap khawatir mengenai langkah mereka ke tahap selanjutnya.

Ayu sendiri kalah di pertandingan ketiganya pada Sabtu pagi. Ia kalah straight game atas Hawa Kahlah Humairoh dari Kabupaten Wonosobo dengan skor ketat 20-22 dan 20-22. Ia kecewa. Raut mukanya murung. Ayahnya mengakui, memang ada kekhawatiran, lebih tepatnya kecewa. "Kecewa, pasti itu, ayu tidak bermain baik, kurang maksimal, apalagi saya khawatir Ayu terliminasi dari audisi ini,” imbuh Ngurah.

Baca juga: [Audisi Umum 2017] 112 Peserta Lalui Tahap Pertama

Ayu pun mengakui hal itu. Bayang-bayang kegagalan muncul di pikiran satu-satunya peserta audisi dari Bali ini. "Ayu takut tidak masuk, padahal ketemu temen-temen baru dari seluruh Indonesia, seru, sama pengen masuk PB Djarum," ujar atlet yang mengidolakan Susi Suanti dan Maria Kristin tersebut.

Meski kalah di pertandingan pagi, Ayu tetap dinyatakan lolos untuk ke tahap kedua final Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2017 kali ini. Ia pun kembali ke arena dan menantang Allensya Analy Yullyana, peserta dari Bandung. Meski sempat kalah 17-21 di game pertama, Ayu berhasil membalik keadaan dan menang di dua game berikutnya dengan 21-17 dan 21-19.

Meski di tahap ini bukan mengenai kemenangan atau kekalahan, Ayu mengaku kemenangan lebih bisa menambah rasa percaya dirinya. "Kemenangan membuat lebih Ayu percaya diri. Kami jadi lebih yakin untuk melakoni pertandingan selanjutnya, dan memberikan yang terbaik," ujar Ngurah disertai kepalan tangan Ayu.

Ayu pun berhasil lolos bersama 112 peserta lain ke tahap kedua. Selamat (kembali) berjuang Ayu! (MI)

Baca juga: [Djarum Sirnas Kepulauan Riau Open 2017] Aldira/Ayu Gary Juara Ganda Taruna Putri