Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Fran/Pia Dimatangkan di Sejumlah Super Series
02 Oktober 2009
Fran/Pia Dimatangkan di Sejumlah Super Series
 
 

PB PBSI akan berusaha secepat mungkin mematangkan ganda campuran Fran Kurniawan/Pia Zebadiah. Karena itu, pasangan tersebut akan disertakan dalam berbagai turnamen super series, yang dimulai dengan Denmark dan Perancis Terbuka bulan depan.

"Ini dilakukan untuk mengejar pengalaman dengan lebih banyak melakukan sparring bersama pemain-pemain dunia," ujar pelatih ganda campuran Richard Mainaky, di Pelatnas Cipayung, Rabu (30/9).

Pasangan juara Selandia Baru Terbuka itu semula direncanakan ikut turnamen Grand Prix Vietnam Terbuka yang akan berlangsung 6-11 Oktober. Tetapi dibatalkan, dan dipersiapkan ke Denmark Terbuka (20-25 Oktober) serta Perancis Terbuka (27 Oktober-1 November).

Menurut Richard, keputusan tersebut diambil untuk mempercepat kesiapan pasangan peringkat 47 dunia itu menjadi pelapis ganda campuran nomor satu Indonesia Nova Widianto/Liliyana Natsir.

"Di bawah Nova/Liliyana hanya ada pasangan Devin Lahardi/Lita Nurlita, sementara yang lainnya masih jauh di bawahnya. Oleh karena itu, mereka harus dipercepat naiknya," kata Richard yang juga mulai memikirkan persiapan menghadapi Olimpiade London 2012.

Richard berharap, pasangan yang turnamen pertama mereka adalah Vietnam International Challenge April lalu itu, dalam satu tahun ke depan sudah sepenuhnya berkiprah di super series.

Sementara itu, Fran menjelaskan bahwa tidak ada persiapan khusus menyambut super series pertama mereka setelah Indonesia Terbuka bulan Juni lalu. Menurutnya, mereka harus lebih konsentrasi.

"Yang jelas harus lebih konsentrasi karena saya ingin memanfaatkan kesempatan mencoba turnamen super series yang diberikan ini dengan sebaik-baiknya," kata Fran.

Denmark dan Perancis akan menjadi dua turnamen super series pertama mereka selain bermain Indonesia Terbuka di kandang sendiri.

Pada Indonesia Terbuka Juni lalu, Fran/Pia harus melalui babak kualifikasi. Setelah lolos ke babak utama, mereka tersingkir di putaran kedua karena kalah dari unggulan keenam asal China Xie Zhongbo/Zhang Yawen.

Vietnam Terbuka

Meski Fran/Pia tidak berlaga, Pelatnas masih punya empat ganda campuran yang ambil bagian di Vietnam Grand Prix. Mereka adalah unggulan kedua Tantowi Ahmad/Richi Puspita Dili, unggulan keempat Muhammad Rijal/Debby Susanto, Wifqi Windarto/Anneke Feinya Agustine, dan Lingga Lie/Keshya Nurvita Hanadia.

Juara Selandia Baru Anneke Feinya Agustine/Annisa Wahyuni memimpin ganda putri sebagai unggulan pertama. Mereka didampingi ganda pelatnas lainnya Komala Dewi/Keshya Nurvita.

Dua ganda putra, Fernando Kurniawan/Lingga Lie dan Wifqi Windarto/Afiat Yuris Wirawan tercatat sebagai unggulan ketiga dan keempat dalam turnamen berhadiah 50.000 dolar AS tersebut.

Sedangkan pada tunggal, terdapat Tommy Sugiarto, Nugroho Andi Saputra, Yoga Pratama, Aprilia Yuswandari, Rizki Amelia Pradipta dan Linda Weni Fanetri.

Sumber: Kompas.com