Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Fadia Jadi Atlet Karena Liliyana Natsir?
13 Agustus 2017
Fadia Jadi Atlet Karena Liliyana Natsir?
 
 

Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil menjadi juara Kejuaraan Asia Junior (AJC) 2017 bersama Rehan Naufal Kusharjanto. Atlet yang lahir di Bogor, 16 November 2000 ini mengaku sebenarnya sempat menolak menjadi pemain ganda.

Seperti halnya Kevin Sanjaya Sukamuljo, atlet yang akrab dipanggil Fadia ini mengaku memang sempat tak mau menjadi pemain ganda. “Dulu waktu pelatih bilang lebih baik di ganda, saya sempat tidak mau. Karena prestasi saya di tunggal waktu itu masih lumayan juga, tetapi pelatih bilang kalau kedepannya saya lebih berpotensi di ganda. Sempat sampai nangis-nangis juga karena ngga mau pindah, tapi akhirnya saya mengikuti saran pelatih,” ujar Fadia.

Baca juga: [Asia Junior Championships 2017] Rehan/Fadia Persembahkan Emas Bagi Indonesia

Putri pertama pasangan Asep Saputra dan Sri Sunarti ini termotivasi karena melihat Liliyana Natsir di televisi. Ia mengaku setelah menyaksikan Liliyana bertanding, dirinya ingin bisa merasakan hal yang serupa. “Waktu itu emang gara-gara liat Ci Butet (panggilan Liliyana – red) di tv, dari situ saya minta diajarin bulutangkis dan mulai serius,” ujarnya.

Sang ayahlah yang menjadi pelatih pertamanya, ia pun tak pernah bergabung bersama klub lain hingga akhirnya bergabung bersama PB Djarum di tahun 2014. “Dulu latihan sama ayah aja, terus sempat privat sama mas Trikus (Tri Kusharjanto – red) sampai akhirnya masuk PB Djarum di tahun 2014, setahun di sana baru akhirnya pindah ke Jakarta dan jadi pemain ganda,” kenangnya.

Baca juga: [World Championships 2017] Kevin/Marcus Duduk Di Posisi Unggulan

Fadia pun menjadi atlet bulutangkis pertama di keluarganya. Tak ada anggota keluarga yang lain yang menekuni dunia tepok bulu ini. Demi mengejar mimpi dan mengikuti jejak Liliyana Natsir, Fadia pun rela meninggalkan rumah dan kampung halamannya. “Sempat nggak betah awal-awal di Kudus dan jauh dari orang tua, sering kangen mama sama ayah, tetapi lama-lama jadi terbiasa karena banyak teman juga,” tambahnya.

Usai AJC, kini Fadia pun tengah bersiap untuk turun di India dan Malaysia Junior International Challenge 2017. Ia mengaku, ingin bisa tampil baik di kedua turnamen itu sebelum tampil di Kejuaraan Dunia Junior (WJC) yang akan digelar bulan Oktober mendatang di Yogyakarta.

“Semoga bisa terus tampil bagus, karena masih banyak yang harus dicapai. Sekarang baru bisa kasih gelar di AJC, semoga kedepannya bisa seperti Liliyana Natsir,” pungkasnya mantap. (RI)

Baca juga: [World Championships 2017] Tiga Tunggal Putra Ke Glasgow