Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Mengintip Kebiasan Atlet PB Djarum Di Sela Pertandingan
15 Agustus 2019
Mengintip Kebiasan Atlet PB Djarum Di Sela Pertandingan

Tahukah kamu, PB Djarum tidak hanya memberikan segudang fasilitas terbaik tapi juga sangat memperhatikan kondisi atlet-atletnya saat melakoni suatu pertandingan tertentu. Semua itu demi mendapatkan hasil maksimal.

Seperti di pertandingan Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) Premier Li Ning Jakarta Open 2019, yang saat ini tengah berlangsung di Gelanggang Remaja Tanjung Priok, Jakarta Utara. Event ini sendiri sudah memasuki hari keempat.

Diakui Fajar Akbar Prahmana, salah satu fisioterapi PB Djarum, ada banyak kebiasaan yang harus dilakukan atlet-atlet PB Djarum sebelum maupun sesudah bertanding. Ini mungkin jarang diketahui khalayak ramai.

Lalu apa saja kebiasaan itu? Berikut informasi yang berhasil dihimpun Pbdjarum.org.

Sebelum Bertanding

1. Pemasangan Tapping

Mungkin tak banyak atlet dari klub-klub lain yang melakukan hal ini. Namun hampir semua atlet PB Djarum melakukannya sebelum bertanding.

2. Warming up yang sesuai

a. Jogging

b. Dynamic stretching

c. Shadow

Hal itu dikatakan Fajar, untuk mempersiapkan otot para atlet agar daya ledaknya optimal saat bertanding.

Sesudah Bertanding

1. Push up

2. Back up

3. Sit up

4. Squat

5. Pendinginan static stretching

Kelima hal ini lebih efektif dilakukan setelah bertanding agar merelaksasi otot-otot para atlet. Ini diperlukan agar di pertandingan berikutnya, kondisi tubuh mereka kembali bugar. Hanya saja bagi atlet yang melakoni pertandingan tidak terlalu berat, poin 1, 2, dan 3, tidak perlu dilakukan. Cukup melakukan poin ke-4 dan 5 saja.

6. Massage

Kebiasaan massage atau pijat ini biasanya dilakukan setelah tiba di hotel. Tidak semua atlet diwajibkan melakukan hal ini dan hanya atlet yang merasa ototnya sangat kencang saja. (ah)