Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Dua Perunggu Indonesia
22 Agustus 2011
Dua Perunggu Indonesia

Pasangan ganda Indonesia, Rendy Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan akhirnya harus puas hanya mempersembahkan medali perunggu untuk merah putih, setelah mereka terhenti di semifinal dari unggulan utama asal China Taipei, Fang Chieh Min/Lee Sheng Mu.

Di pertandingan perempat final di sesi pagi, Rendy/Afiat mampu memenangkan pertarungan mereka. menghadapi Sho Zeniya/Takeshi Kamura. Mereka cukup solid di pertahanan dan agresif menyerang, terlihat mereka hanya memberikan 10 angka saja pada pasangan asal Jepang itu di game pertama. Dengan tampil terus menggedor, mereka menyudahi game kedua dengan 21-14.

Seperti yang sudah diprediksikan, Rendy/Afiat jumpa Fang/Lee. Pasangan asal Taipei itu mengalahkan rivalnya Kim Ki Jung/Kang Ji Wook dari Korea dengan cukup bersusah payah. Unggul tipis 22-20 di game pertama mereka baru bisa menyudahi game kedua dengan 21-18.

Di semifinal, Rendy/Afiat sempat mengimbangi permainan juara Djarum Indonesia Open Super Series 2010 itu, dan mampu menyentuh angka 18 sebelum akhirnya sang rival mencapai angka 21. Di game kedua, mereka semakin tertekan dan tak mampu mengembangkan permainan hingga menyerah 15-21 dalam tempo 28 menit.

Pasangan ganda putra Indonesia lainnya yang tampil baik di beregu, Rian Agung/Angga Saputra tak disangka harus terhenti lebih awal. Mereka gagal melangkah ke semifinal setelah takluk dari Jongjit Maneepong/Isara Bodin asal Thailand. Menyerah 17-21 di game pertama, Rian/Angga harus tersingkir secara menyakitkan setelah kalah 21-23.
Ricky/Shendy Raih Perunggu
Pasangan ganda campuran Indonesia yang berlaga di Universiade 2011 juga hanya mampu menambah medali perunggu. Ricky Widianto/Shendy Puspa Irawati yang telah berjuang selama 40 menit dipaksa harus mengakui ketangguhan pasangan dari China Taipei Lee Sheng Mu/Hsieh Pei Chen melalui pertarungan panjang rubber game. Ricky/Shendy di babak semifinal sebenarnya tampil cukup memikat. Game pertama bisa di rebutnya meski harus dilaluinya dengan deuce. Dengan perolehan angka yang ketat, pasangan Indonesia bisa merebut game pertama dengan 24-22. Di game kedua ganti pasangan China Taipei yang unggul dengan 21-16. Keberuntungan rupanya belum berpihak ke pasangan Indonesia. Tiket babak puncak akhirnya di rebut pasangan dari China Taipei setelah pada game ketiga mereka bisa menghentikan permainan pasangan Indonesia dengan 21-17.

Pada babak final, Lee Sheng Mu/Hsieh Pei Chen akan bertemu dengan pasangan dari Korea Selatan Shin Baek Cheo/Eom Hye Won. Pasangan Korea Selatan ini di babak semifinal menang dari pasangan Thailand Jongjit Maneepong/Amitrapai Savitree dengan 21-18, 17-21, 21-19.

Dengan demikian, Indonesia tak lagi memiliki peluang untuk meraih emas setelah semua wakilnya harus kandas sebelum partai akhir.