Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Target Sapu Bersih Emas, Pemain Senior Mendominasi
08 September 2009
Target Sapu Bersih Emas, Pemain Senior Mendominasi
 
 

Tim bulu tangkis Indonesia untuk SEA Games 2009 yang akan berlangsung di Laos, 9-18 Desember, terdiri dari pemain-pemain senior. Ini dibuat untuk memenuhi target menyapu bersih medali emas.

Menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi PB PBSI Lius Pongoh, yang ditemui di Pelatnas Cipayung, Rabu (2/9), pemilihan pemain-pemain senior dilakukan karena khawatir tidak mampu menyumbang medali dalam pesta olahraga se-Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

Tim yang total terdiri atas 18 pemain, masing-masing sembilan putra dan putri itu di dalamnya terdapat peraih medali Olimpiade Beijing, Markis Kido/Hendra Setiawan (emas), Nova Widianto/Liliyana Natsir (perak) dan Maria Kristin (perunggu).

"Sekarang statusnya masih Pelatnas SEA Games karena entry by name (pendaftaran nama) masih Oktober nanti," jelas Lius.

Semula PBSI tidak memasukkan nama-nama pemain utama seperti Sony Dwi Kuncoro, Maria, Kido/Hendra dan Nova/Liliyana ke dalam usulan tim pelatnas SEA Games. PBSI ingin memberi tanggung jawab dan kesempatan bagi pemain pelapis.

Namun karena targetnya memenangi ketujuh medali emas yang diperebutkan, akhirnya nama pemain-pemain itu dimasukkan ke dalam tim.

Pada SEA Games 2007 di Thailand, tim bulu tangkis Indonesia yang juga sebagian besar terdiri atas pemain senior berhasil memenangi ketujuh medali emas, masing-masing lima perorangan dan dua beregu.

Medali emas perorangan disumbang Taufik Hidayat, Maria Kristin, Kido/Hendra, Vita Marissa/Liliyana Natsir dan Vita Marissa/Flandy Limpele. Sedang dua medali emas lainnya diperoleh dari nomor beregu putra dan putri.

Nama-nama tim pelatnas SEA Games 2009 bulu tangkis Indonesia:

Putra: Sony Dwi Kuncoro, Simon Santoso, Tommy Sugiarto, Markis Kido, Hendra Setiawan, Bona Septano, Mohammad Ahsan, Nova Widianto dan Devin Lahardi.

Putri: Maria Kristin, Adriyanti Firdasari, Aprilia Yuswandari atau Linda Weni Fanetri, Greysia Polii, Nitya Krishinda, Shendy Puspa Irawati, Meiliana Jauhari, Liliyana Natsir dan Lita Nurlita.

Sumber: kompas.com