Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Tips Memilih Raket Yang Cocok
05 Agustus 2019
Tips Memilih Raket Yang Cocok

Bagi seorang atlet bulu tangkis, memilih raket yang pas dan cocok dengan karakter permainannya, tentu sangat penting. Bahkan tak sedikit yang menganggap jika memilih raket yang tepat, akan turut membantu prestasi seorang atlet itu sendiri.

Komponen yang paling penting lainnya dari sebuah raket adalah senar. Di sini senar memiliki beberapa jenis yang memiliki ciri berlainan terhadap efek pantulan kok. Kebanyakan senar memiliki ketebalan 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 sampai 30 + lb.

Sebagai panduan bagaimana memilih raket yang baik, berikut adalah paparan ringkas spesifikasi dan istilah untuk raket bulutangkis standar. Asal tahu saja, spesifikasi berikut bukanlah patokan standar internasional, namun hanya sebagai pedoman umum saja.

1. Kelenturan Gagang (Stiffness of Shaft)

a. Medium (Fleksibel), pemindahan sebagian tenaga yang berpusat pada pergelangan tangan. Pemusatan energi untuk tungkai yang fleksibel saat raket diayun memberikan daya tolak lebih besar saat shuttlecock menyentuh raket. Jenis ini sangat baik untuk pertahanan (defensive) atau untuk mengontrol gaya permainan lainnya.

b. Stiff (Limited Flexibility), pemindahan tenaga yang memungkinkan dari pergelangan tangan. Tangkai jenis ini sangat dianjurkan untuk teknik permainan bertahan (defensive). Maupun permainan serangan (offensive).

c. Extra Stiff (Minimum Flexibility), pemindahan tenaga secara maksimum yang berpusat pada pergelangan tangan. Gerakan tangkai raket yang minimalis memberikan ketepatan yang lebih baik atas penempatan shuttlecock. Raket dengan tangkai jenis ini sangat ideal untuk teknik permainan serangan (offensive) seperti smashing, net skill dan sebagainya.

2. Bentuk Frame Raket

a. Conventional - Berbentuk Oval Standar.

b. Isometric - Berbentuk cenderung persegi (Square Head Share).

 

3. Komposisi Frame

a. Basis Material- AluminiumHi- Modulus Graphite- Super Hi-Modulus Graphite- Ultra Hi-Modulus Graphite- Nano Carbon

b. Mesh- Woven Kevlar- Titanium Composite (Utility Titanium)- Ultra Titanium- GForceTi- UltimumTi

4. Shaft Composition (Komposisi Gagang)

a. Bahan Baku- Aluminium- Hi-Modulus Graphite- Super Hi-Modulus Graphite- Ultra Hi-Modulus Graphite- Nano Carbon

b. Mesh (join gagang dengan frame)- Titanium Composite (Utility Titanium)- Ultra Titanium- UltimumTi

5. Bobot Raket

a. 2U (90-94g)

b. 3U (85-89g)

c. 4U (80-84g)

6. Panjang Total (frame tip - handle end)

a. Standard (665mm / 26.0 inches)

b. Long (675mm / 26.5 inches).

 

7. Ukuran Grip

Yang juga harus diperhatikan saat memilih raket adalah ukuran grip atau area genggaman. Untuk melancarkan serangan ataupun bertahan, tentu seorang pemain harus memegang grip dengan mantap. Ukuran grip mempengaruhi kenyamanan saat menggenggam raket. Yang terpenting, hal ini berpengaruh terhadap akurasi dan teknik pukulan yang dilancarkan. Ukuran yang tak sesuai akan membuat kekuatan genggamanmu menurun dan tangan jadi cepat lelah.

Banyak pemain yang kini memilih ukuran grip kecil karena mereka jadi dapat menggenggam serta mengontrol raket dengan jari mereka untuk menciptakan tenaga yang lebih kuat dan memberikan efek tipuan yang cepat. Kita ambil contoh, untuk mendukung teknik tersebut, Li-Ning menyediakan raket dengan ukuran grip “Small” dan “Extra Small” dalam jajaran raketnya. Bahkan untuk pemain profesional sekali pun, ukuran grip XS dapat mengurangi beban genggaman mereka dan meningkatkan kekuatan serangan.

 

8. Toleransi Tegangan Senar

a. Aluminium & Hi-Modulus Graphite Frames- Main 18-20lbs (8-9kg)- Cross 20-22lbs (9-10kg).

b. Super & Ultra Hi-modulus Graphite Frames- Main 18-24lbs (8-11kg)- Cross 20-26lbs (9-12kg).

 

9. Titik Keseimbangan dari Ujung Grip

a. 270-280mm = Head Light (Defensive)

b. 275-285mm = Neutral (All Round)

c. 285-295mm = Head Heavy (Offensive)

d. 295-300mm = Extra Head Heavy (Offensive)

 

Meskipun spesifikasi diatas bukanlah merupakan patokan khusus, namun setidaknya dapat membantu Anda memilih jenis raket yang sesuai dengan gaya permainan. (ah)