Diluar Arena
Home > Berita > Diluar Arena > Ruzana : Menjalin Pertemanan Beda Negara Itu Menyenangkan
11 Desember 2019
Ruzana : Menjalin Pertemanan Beda Negara Itu Menyenangkan
 
 

Selain memiliki banyak teman sesama pemain di Tanah Air, atlet tunggal putri asal PB Djarum, Ruzana nampaknya juga mempunyai beberapa teman atlet dari berbagai negara. Ruzana mengaku jika mempunyai teman berbeda negara itu menyenangkan. Pasalnya, ia bisa belajar dan mendapat pengalaman baru.

Hal itu dikatakan ketika siang tadi, Rabu (11/12), ditemui di GOR Sudirman pada saat ajang Badminton Asia U15 & U17 Junior Championships 2009 yang tengah berlangsung.

"Sudah sejak tahun 2018 lalu kenal dengan Warisara. Sebenarnya ada beberapa juga teman atlet dari negara lain yang saya kenal dan lumayan dekat. Kenal dengan mereka menyenangkan, karena saya jadi banyak belajar hal baru dari mereka," kata Ruzana saat dirinya tengah asik ngobrol dengan salah satu atlet tunggal putri asal Thailand, Warisara Dansoonthornwong.

"Memang dari segi bahasa lumayan agak kesulitan, karena saya sendiri tidak terlalu mahir bahasa Inggris, tetapi di situ justru saya menantang diri agar tambah percaya diri dan terbiasa untuk berbahasa Inggris," ujar pemain kelahiran Lubuk Linggau, 22 Januari 2006 itu.

Baca juga : [SEA Games 2019] Medali Emas ke Tiga dari Ganda Putri

Meski demikian, Ruzana menegaskan bukan berarti berteman dengan sesama atlet Indonesia khususnya di PB Djarum itu tidak menyenangkan. Tetapi ia mengatakan jika kedua hal itu adalah berbeda, tidak bisa disamakan.

"Ya kalau sama temen-temen atlet Indonesia mereka juga menyenangkan, apalagi sesama atlet PB Djarum yang tiap hari ketemu dan selalu bareng-bareng. Tetapi mempunyai teman dari luar negeri menjadi nilai tambah saja bagi saya, agar bisa belajar hal baru," jelasnya.

Tak hanya itu, Ruzana mengatakan jika pertemanan itu terjadi di luar lapangan. Ketika berjumpa di lapangan Ruzana mengaku menganggap semua itu adalah lawan yang harus dikalahkan.

"Kalau di luar lapangan mereka semua teman saya, tetapi kalau di lapangan mau siapapun saya anggap adalah lawan yang harus dikalahkan tanpa kecuali," tutup lulusan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2015 itu.

Baca juga : [SEA Games 2019] Medali Emas ke Tiga dari Ganda Putri