Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Ahsan, Shendy ke Semifinal
09 Oktober 2010
Ahsan, Shendy ke Semifinal
 
 

Dua atlet Pelatnas jebolan PB Djarum, Mohammad Ahsan dan Shendy Puspa Irawati berhasil melaju ke semifinal Vietnam Open Grand Prix 2010. Ahsan yang berpasangan dengan Bona Septano di ganda putra dan Shendy yang berpasangan dengan Nitya Krishinda Maheswari di ganda putri menjadi wakil terakhir Indonesia di partainya masing-masing.

Ahsan/Bona Akan Berhadapan Dengan Unggulan Pertama Asal JepangAhsan/Bona akan berhadapan dengan pasangan unggulan pertama asal Malaysia, Choong Tan Fook/Lee Wan Wah di semifinal. Hari ini Choong/Lee menundukkan pasangan muda penuh semangat Indonesia, Andhika Anhar/Hendra Setyo Nugroho 21-17 dan 21-15. Sedangkan Ahsan/Bona mampu melompati rintangan China dengan kemenangan 21-19 dan 21-18 atas Liu Xiaolong/Qiu Zihan (unggulan kedelapan).

Shendy/Nitya hari ini juga menang dua set langsung, 21-16 dan 21-15 atas pasangan Taipei, Chiang Kai Hsin/Hsiao Chu Peng. Partai semifinal akan menarik karena mereka akan bertemu dengan Ma Jin yang berpasangan dengan yuniornya, Zhong Qianxin. Ma/Zhong hari ini melakukan kejutan dengan menjegal telak unggulan kedua asal Hongkong, Chan Tsz Ka/Chau Hoi Wah, 21-5 dan 21-18.

Pertandingan semifinal akan dimulai pukul dua siang hari ini (09/10). Kedua pasangan Indonesia tersebut akan bertanding di urutan terakhir

Tunggal Rontok

Harapan meraih gelar juara dari nomor tunggal pupus. Seluruh pemain yang berhasil lolos pada babak perempat final kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2010 kandas. Tiga tunggal putri serta satu tunggal putra tak berhasil menerobos babak semifinal. Putra-putri China akhirnya menguasai babak semifinal tunggal putra dan putri.

Maria Kristin Yulianti sempat memberikan harapan kemenangan saat menghadapi pemain masa depan Thailand Ratchanok Intanon. Kalah pada set pertama dengan 17-21, Maria Kristin merebut set kedua meski harus bersusah payah dengan 21-19. Sayangnya momentum kemenangan yang di dapat pemegang medali perunggu Olimpiade Beijing ini tak mampu di pertahankan di set ketiga. Maria harus mengubur impiannya untuk menuju babak semifinal. Maria kalah dari juara dunia junior 2010 dengan 16-21. Dua singelar lainnya tak mampu membendung permainan putri-putri China. Meski berlabel sebagai juara bertahan, Fransiska Ratnasari tak dapat berbuat banyak saat bertemu pemain China Xue Yao. Meski harus merangkak dari babak kualifikasi, pemain negeri tirai bambu ini mampu menghentikan Fransiska dengan 21-17, 21-14. Wakil pelatnas pratama pun bernasib sama. Bellaetrix Manuputty tak mampu mengembangkan permainan saat menghadapi Xin Liu. Bella kalah 12-21, 16-21. Dengan hasil ini China menguasai babak semifinal dengan menempatkan tiga pemain tunggal putri, sementara Thailand menempatkan satu pemain. Zhou hui akan menghadapi Xue Yao sedangkan Xin Liu bertemu dengan Ratchanok Intanon.

Satu-satunya pemain tunggal putra yang tersisa, Tommy Sugiarto juga terhenti di babak perempat final ketika melawan pemain China Houwei Tian melalui pertarungan yang sangat ketat. Set pertama pemain China mampu menang dengan 19-21. Pada set kedua ganti Tommy yang menang dengan 21-16. Sayangnya pada set penentuan, Tommy gagal meraih kemenangan. Tommy menyerah dengan 18-21. Kejutan mewarnai babak perempat final, ketika unggulan utama Nguyen Tien Minh kalah dari pemain China lainnya yakni Yuekun Chen. Sang juara bertahan kalah hanya dalam dua set dengan kedudukan akhir 12-21, 19-21. Lagi-lagi pemain-pemain China merajai babak semifinal. China hanya meyisakan satu tempat semfinal untuk pemain Hongkong. (DC/AR)

Hasil Lengkap :
Vietnam Open Grand Prix 2010 Day 4