Diluar Arena
Home > Berita > DILUAR ARENA > Riyanto Menambah Koleksi Juara
12 Oktober 2009
Riyanto Menambah Koleksi Juara
 
 

Pemain Tunggal Putra PB Djarum, Riyanto Subagja berhasil membayar ambisinya dengan menjuarai Tangkas Alfamart Junior Challenge Badminton Championship 2009. Pebulutangkis yang telah menjuarai Auckland International Series 2009 New Zealand dan Sirnas Bali 2009 itu mengalahkan pemain yunior India, Sai Praneet Bhamidipati, 21-16, 21-16 pada final di Stadion Tenis Indoor, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/10).

Riyanto tampil percaya diri di game pertama, meraih banyak angka dari smes keras dan drop shot. Sai Praneet memberi mempercepat tempo di game kedua, dengan penempatan bola yang membuat lawan mati langkah untuk unggul 11-9. Namun, Riyanto merebut lima angka untuk memimpin 14-12, dan tak terkejar hingga akhir.

"Saya sudah yakin juara sejak 16 besar mengalahkan Subhan Hasan, karena sebelumnya saya pernah kalah dari dia. Setelah ini saya konsentrasi ke kejurda untuk persiapan kejurnas yunior," ujar Riyanto.

Pelatih India Atik Djauhari mengatakan, anak asuhya memang kalah cepat dan kalah dalam permainan di depan net. "Biasanya pukulan tipuannya bagus, tapi kali ini tidak jalan. Mungkin karena tekanan di final," ujarnya.

Pada nomor tunggal putri Rusydina Antardayu tak mampu mengatasi perlawanan unggulan utama asal Malaysia, Sonia Cheah Su Ya. Pemain klub Tangkas Alfamart itu menyerah, 17-21, 11-21. Namun, Sonia yang unggul tinggi badan mulai menekan dan berbalik unggul, 11-10. Setelah itu, adik pemain nasional Malaysia Lidya Cheah ini tak lagi memberi kesempatan. Dia merebut game pertama, 21-17, dan game kedua 21-11. Pada partai ganda putra Budi Hartono/Ricky Karanda Suwardi mengalahkan pasangan Djarum, Dandi Prabudita/Jones Ralfy Jansen, 21-15, 21-17. Untuk ganda putri Della Destiara/ Gebby berhasil meraih juara dengan mengalahkan Dian Fitriani/ Eri 21-14, 26-24.

Sementara itu tambahan gelar juara untuk Indonesia disumbangkan melalui partai final ganda campuran yang memainkan pertandingan sesama pasangan PB Djarum yakni Didit Juang Indrianto/ Yayu Rahayu melawan Jones Ralfy Jansen/ Nurbeta. Pada pertandingan tersebut Didit/ Yayu berhasil menuntaskan ambisinya sebagai unggulan pertama mengandaskan rekan seklubnya dengan skor 21-16, 21-14.

Sumber: Kompas.com, tournament software.com