Sirkuit Nasional
Home > Berita > Olimpiade Rio > [Olimpiade 2016] Owi/Butet Disambut Meriah
25 Agustus 2016
[Olimpiade 2016] Owi/Butet Disambut Meriah

Parade Penyambutan Atlet Indonesia (@kemenpora_RI)

Sambutan pahlawan olahraga, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang berhasil meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 begitu meriah. Pesawat Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR956 disambut dengan guyuran water salute di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta sekitar pukul 15.40 WIB.

Water salute menjadi awal penyambutan kembalina Tontowi/Liliyana ke tanah air (megapolitan.kompas.com)

Papan pengumuman yang biasanya hanya menampilkan jadwal penerbangan keberangkatan dan kedatangan pun disulap dengan ucapan selamat datang untuk Tontowi/Liliyana.

Papan kedatangan disulap untuk menyambut Tontowi/LIliyana (@GWirjawan)

Usai turun dari pesawat, Tontowi/Liliyana langsung dibawa ke Terminal 3 dimana acara penyambutan khusus oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Angkasa Pura II dipusatkan. Mereka pun  disambut langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi. Turut hadir pula keluarga dan para stakeholder olahraga Indonesia yang sudah menanti dan memadati area kedatangan.

Suasana Pengalungan Karangan Bunga oleh Imam Nahrawi (@kemenpora_RI)

“Terima kasih untuk dukungan semua pihak yang telah mendukung kami. Seluruh masyarakat Indonesia, Kemenpora, PP PBSI, PB Djarum dan terutama keluarga saya yang selalu mendukung saya. Luar biasa sekali sambutan ini, saya terharu,” ujar Liliyana seraya menahan air matanya.

Suasana konferensi pers Tontowi/Liliyana di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (@Menpora_RI)

Usai konferensi pers singkat, Tontowi/Liliyana atau yang akrab disapa Owi/Butet pun mengendarai bandros (Bandung Tour of The Bus) yang sengaja didatangkan dari Bandung pada Minggu (21/8) malam. Mereka pun diarak menuju jalanan padat Kota Jakarta, mulai dari keluar tol bandara, Slipi, dan memasuki kawasan Senayan. Lalu diputar lagi menuju Jl. Jendra Sudirman, naik jembatan Semanggi, kemudian ke Jl Gatot Subroto dan selesai di depan Kantor Kemenpora.

Arak-arakan Para Pahlawan Olahraga Indonesia (@kemenpora_RI)

Masyarakat yang sudah menanti sejak sore hari pun menyambut kedatangan para pahlawan olahraga yang berhasil mengibarkan merah putih di pentas olahraga empat tahunan dunia itu. Tak hanya Owi/Butet di bus bandros pun turut bergabung dua peraih medali perak dari cabang angkat besi, Eko Yuli Irawan dan Sri Wahyuni.

Selamat datang, pahlawan!