Turnamen Nasional
Home > Berita > OLIMPIADE RIO > [Olimpiade 2016] Tontowi/Liliyana Ke Final!
16 Agustus 2016
[Olimpiade 2016] Tontowi/Liliyana Ke Final!
 
 

Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil melaju ke final Olimpiade Rio de Janeiro. Pasangan yang akrab disapa Owi/Butet ini berhasil setelah mengalahkan unggulan teratas asal Tiongkok, Zhang Nan/Zhao Yunlei pada Selasa (16/8) pagi.

Owi/Butet memulai laga dengan penuh percaya diri, kombinasi serangan dan pertahanan solid membuat mereka berhasil unggul 10-5. Tetapi beberapa kesalahan membuat mereka justru balik tertinggal 10-11 di interval. Pertarungan pun kembali sengit, Owi/Butet sempat membuat kubu merah putih khawatir saat balik tertinggal 12-14. Namun akhirnya, kembali bermain sabar, Owi/Butet berhasil meraih empat angka beruntun untuk balik unggul 16-14.

Juara All England tiga kali beruntun ini akhirnya berhasil terus mendominasi laga dan akhirnya menutup game pertama dengan 21-16.

Game kedua pun mereka tak mengendurkan serangan. Owi/Butet langsung menggebrak dan meraih lima angka beruntun tanpa balas. Tetapi lagi-lagi, setelah unggul 10-5, Owi/Butet sempat mengalami kesulitan. Mereka unggul tipis 11-9 di interval, bahkan skor justru imbang diangka 12 dan 14.

Tempo permainan cepat, Owi/Butet berhasil mengacaukan formasi Zhang/Zhao. Zhang terlihat lebih sering berada di depan net, sementara Zhao justru berada di baseline. Tak mau menyia-nyiakan kesempatan Owi/Butet berhasil meraih lima angka beruntun untuk unggul 19-14. Mereka pun akhirnya bersorak bersama penonton yang hadir di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro setelah pengembalian Zhang/Zhao berada di luar arena pertahanan mereka, Owi/Butet ke final dengan 21-15.

Ini tentu menjadi catatan manis bagi Owi/Butet yang dalam delapan pertemuan terakhir selalu dipaksa mengakui keunggulan ganda Tiongkok tersebut. Owi/Butet tercatat terakhir kali menang atas Zhang/Zhao adalah di final All England 2014 silam dengan skor 21-13 dan 21-17.

Di final, Owi/Butet sudah dinanti oleh ganda Malaysia. Peng Soon Chan/Liu Ying Goh diluar dugaan berhasil mengalahkan Xu Chen/Ma Jin, juga dalam dua game 21-12 dan 21-19. (RI)

Foto oleh Yves Lacroix/Badminton Photo