Sirkuit Nasional
Home > Berita > Olimpiade Rio > [Olimpiade Rio 2016] China Juara Umum Cabang Olahraga Bulutangkis
23 Agustus 2016
[Olimpiade Rio 2016] China Juara Umum Cabang Olahraga Bulutangkis

Kontingen China menjadi juara umum pada cabang olahraga bulutangkis di Olimpiade Rio 2016. Kepastian ini di dapat setelah kemarin (20/8), Chen Long merebut medali emas di nomor perorangan tunggal putra dengan mengalahkan Lee Chong Wei. Sehari sebelumnya juga ganda putra China Zhang Nan/Fu Haifeng meraih medali emas setelah menang dari ganda Malaysia Goh V Sem/Tan Wee Kiong.

Posisi kedua di tempati oleh kontingen Jepang yang meraih Satu Emas dan Satu perunggu.  Emas bagi Jepang di dapat dari ganda putri melalui Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Nozomi Okuhara mempersembahkan medali perunggu untuk Jepang setelah mendapat kemenangan tanpa tanding dari tunggal putri China Li Xuerui.

Indonesia menempati posisi ketiga dengan satu medali emas. Emas semata wayang bagi merah putih di persembahkan oleh pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang di partai final mengalahkan pasangan Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying Goh.

Spanyol melalui Carolina Marin menempati empat besar. Pemain yang terkenal dengan teriakannya ini membawa pulang medali emas setelah menang dari pemain India Shindu PV.

Tiga medali perunggu bagi Malaysia cukup membawa negeri Jiran ini menduduki peringkat ke lima. Malaysia memeperoleh perak dari Lee Chong Wei dari tunggal putra, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying Goh dari ganda campuran dan Goh V Sem/Tan Wee Kiong dari ganda putra.

Peringkat ke enam di isi oleh Denmark. Negeri skandinavia ini pada cabang olah raga bulutangkis hanya mendapat satu medali perak melalui ganda putri mereka Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl dan satu perungu dari tungal putra Viktor Axelsen.

Berkah India dari Shindu PV membawa negeri yang terkenal dengan Taj Mahalnya ini menduduki urutan ke tujuh dengan perolehan satu medali perak.

Sementara itu Korea Selatan dan  Inggris harus puas pada urutan terakhir dengan perolehan masing-masing satu medali perunggu. Perunggu bagi Korea Selatan di dapat melalui pasangan ganda putri Kyung Eun Jung/Shin Seung Chan sementara Inggris mendapat perunggu dari ganda putranya Marcus Ellis/Chris Langridge.