Turnamen Nasional
Home > Berita > OLIMPIADE RIO > [Olimpiade 2016] Ahsan/Hendra Masih Miliki Peluang
12 Agustus 2016
[Olimpiade 2016] Ahsan/Hendra Masih Miliki Peluang
 
 

Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang tergabung di grup D di Olimpiade 2016 kali ini, dipaksa menelan kekalahan di laga kedua penyisihan grup. Menghadapi Hireyuki Endo/Kenichi Hayakawa, untuk pertama kalinya, Ahsan/Hendra dipaksa menyerah.

Di pertandingan yang digelar di Rio Centro Pavilion 4 pada Jum’at (12/8) waktu Indonesia bagian barat, Ahsan/Hendra yang mengantongi sembilan kemenangan atas ganda Jepang ini dipaksa menyerah dalam tiga game.

Kalah 17-21 di game pembuka, juara dunia 2015 ini berhasil memperpanjang nafas usai  mencuri kemenangan game kedua dengan 21-16. Memasuki game ketiga, kesalahan beruntun dilakukan oleh Ahsan/Hendra. Mereka langsung tertinggal 1-7 dan 5-11 di interval.

Kesalahan servis yang dilakukan berulang membuat mereka kian tertinggal jauh. Sempat berupaya mengejar hingga kedudukan 14-18, akhirnya Ahsan/Hendra pun untuk pertama kalinya harus mengakui keunggulan ganda Jepang dengan 14-21.

Pertemuan kedua pasangan ini terjadi di Dubai World Superseries Finals 2015 dimana kala itu Ahsan/Hendra berhasil menang dengan game langsung 21-17 dan 21-19. Meski kalah di laga kedua penyisihan, Ahsan/Hendra tetap berpeluang untuk bisa lolos ke perempat final.

Dari dua laga yang sudah digelar, Ahsan/Hendra berhasil mengantongi satu kemenangan atas Manu Attri/Reddy B Sumeeth dari India, dan mencatatkan kekalahan hari ini. Jika ingin lolos ke perempat final, Ahsan/Hendra harus bisa memenangi laga terakhir penyisihan kontra Chai Biao/Hong Wei asal Tiongkok.

Ahsan/Hendra harus bisa memenangi laga terakhir mereka kontra Chai/Hong jika ingin bisa ke perempat final dan menjaga asa medali Olimpiade di Rio de Janeiro kali ini. Dari tiga kali pertemuan, Ahsan/Hendra yang kini menghuni rangking dua dunia berhasil mengantongi dua kemenangan dan satu kali kekalahan. Ahsan/Hendra sukses menang di perjumpaan terakhir mereka di Final Superseries 2015 lalu, dimana kala itu mereka berhasil keluar sebagai juara setelah mengalahkan Chai/Hong dengan 13-21, 21-14 dan 21-14. Terus berjuang Ahsan/Hendra.

Hasil pertandingan Olimpiade cabang olah raga bulutangkis hari kedua bisa diakses di sini. (RI)

 

Foto oleh Yves Lacroix/Badminton Photo