Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Djarum Sirkuit Nasional 2010 : Upacara Pembukaan
16 Februari 2010
Djarum Sirkuit Nasional 2010 : Upacara Pembukaan
 
 

Turnamen Bulutangkis Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis VII Tahun 2010 resmi dibuka Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI) Brigadir Jenderal TNI Arief Rachman ditandai dengan pemukulan gong di Balikpapan Sport and Convention Center (Dome), Senin (15/2) malam.

Pembukaan dihadiri pula oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak, Walikota Balikpapan Imdaad Hamid SE, Wakil Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Wahyu Hartono, Ketua Pengprov PBSI Kalimantan Timur Irianto Busro, Ketua Pengcab PBSI Balikpapan Soegianto, dan Ketua Panitia Hendi Alfian.

Perhelatan Djarum Sirkuit Nasional akan berlangsung di GOR Hevindo dan GOR Sepinggan Pratama Balikpapan, 16-20 Februari 2010. Turnamen diikuti 924 peserta dari 78 klub di Indonesia di antaranya Djarum, Jaya Raya, Mutiara Bandung, Tangkas serta klub luar Jawa seperti Borneo.

Turnamen memperebutkan Piala Walikota Balikpapan dengan total hadiah Rp 200 juta. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Balikpapan member dukungannya dan tidak ketinggalan memperkenalkan beberapa ikon wisata Kota Beriman (Julukan Kota Balikpapan). "Ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi peserta dari luar Kalimantan Timur seperti Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup di mana terdapat beruang madu, Hutan Lindung Sungai Wain, atau berburu souvenir ke Pasar Inpres Kebun Sayur... Semoga silaturahmi dapat terus terbina melalui bulutangkis, selamat bertanding jangan lupa untuk tetap menjunjung tinggi sportivitas," ujar Imdaad.

Dukungan penuh diberikan pula oleh Wakil Sekjen PB PBSI di mana diharapkan Kalimantan Timur dapat menjadi pusat pelatihan bulutangkis nasional dan internasional. "Niat baik Bapak Gubernur untuk menjadikan provinsi ini menjadi center of excellence badminton dunia semoga terwujud, hal ini akan saya sampaikan pula kepada Ketua Umum PB PBSI Bapak Jenderal Djoko Santoso di Jakarta," ujar Arief Rachman.

Sirkuit Nasional Bulutangkis ialah sebuah sistem kompetisi bulutangkis yang akan dipakai sebagai tolak ukur pembinaan prestasi nasional. Dimana setiap pemain yang menjadi juara akan memperoleh poin, dan poin ini akan diakumulasikan sepanjang sirkuit ini berlangsung selama satu tahun. Pemain yang menduduki peringkat tertinggi dalam pengumpulan poin akan mendapat prioritas untuk mengikuti seleksi pelatnas. Kegiatan ini bertujuan diantaranya untuk menjaring pemain muda bulutangkis yang berkualitas.

Sirkuit Nasional 2010 akan digelar sebanyak 9 seri kejuaraan, dan dibagi menjadi 3 kategori yaitu Remaja (usia dibawah 16 tahun), Taruna (usia dibawah 18 tahun) dan Dewasa. Dimana masing-masing kategori mempertandingkan lima nomor yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

Dalam turnamen tersebut, PB Djarum turun full team di antaranya Bandar Sigit Pamungkas, Gerry Lam, Maria Elfira, Febby Angguni, Rosaria Yusfin Pungkasari, Ayuwanda Tika Wulandari. Salah satu pebulutangkis PB Djarum kategori taruna Rudi Cahyadi Budhiawan menyatakan tekadnya untuk tembus ke babak final, "minimal masuk final," ujarnya. Pertandingan kategori dewasa difokuskan di GOR Hevindo sedangkan kelas pemula dan taruna tersebar dua tempat yakni GOR Hevindo dan GOR Sepinggan Pratama. Pertandingan di GOR Hevindo sudah menggunakan hitungan digital dengan layar 3 inci masing-masing dua unit di setiaplapangan. "Itu merupakan sumbangan dari PT Djarum sponsor kegiatanini," ujar Hendi Alfian Ketua Panitia Djarum Sirkuit Nasional Bulutangkis VII.

Dalam pembukaan kemarin, para peserta dihibur dengan tari tradisional Dayak serta ramah-tamah.

sumber : httpss://www.djarum-super.com