Wawancara
Home > Berita > AUDISI UMUM > [Audisi Umum 2018] Surya Ingin Teruskan Mimpi Sang Kakak
22 Juli 2018
[Audisi Umum 2018] Surya Ingin Teruskan Mimpi Sang Kakak
 
 

Namanya Surya Wira Diraja, putra kedua pasangan Azizudin dan Fatimah. Ia berasal dari Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Bersama pamannya, Surya datang ke Surabaya untuk mengikuti Audisi Umum Djarum Beasiswa Bulutangkis 2018.

Ini bukan kali pertama Surya mengikuti Audisi Umum, tahun lalu, di tempat yang sama Surya pernah melalui proses yang sama. Sayang, tahun lalu, Surya harus kalah di pertandingan terakhirnya. “Tahun lalu ikut, tapi kalah di pertandingan terakhir. Tahun ini semoga saya bisa dapat Super Tiket,” ujar Surya.

Ia pun masih bisa menjaga asanya di GOR Sudirman. Di laga kedua yang digelar Minggu (22/7), Surya berhasil menghentikan lawannya, Teda Adit Tama dari Sidoarjo dengan rubber game. “Tadi di game pertama memang agak cukup kesulitan, tapi akhirnya bisa,” lanjutnya.

Siswa kelas dua SMP Negeri 1 Masbagik, Lombok Timur ini mengakui bahwa kecintaannya pada bulutangkis karena sang kakak, Agung Teguh Wirabakti. Surya kecil kerap melihat sang kakak bermain bulutangkis dan berprestasi di daerahnya. Namun sayang, mimpi sang kakak untuk menjadi pemain dunia sirna.

Baca juga: [Audisi Umum 2018] Tak Pernah Putus Asa Jadi Bekal Azka Bisa Terus Melaju

“Awalnya karena kakak main bulutangkis, saya jadi ingin main bulutangkis juga. Tapi kakak gagal jadi pemain dunia, dan saya ingin meneruskan mimpi kakak saya untuk menjadi pemain dunia,” ujarnya.

Selama ini, Surya hanya dilatih oleh keluarganya. Tak jarang, ayah, kakak atau pamannya menjadi pelatihnya. “Saya atletnya sendiri, tapi pelatihnya yang banyak,” ceritanya.

Ayah Surya merupakan guru sekolah dasar, sementara sang ibu merupakan wiraswasta. Ia pun memikirkan banyak hal termasuk biaya baginya untuk mengikuti Audisi Umum kali ini. “Papanya tidak bisa antar, karena kan sayang kalau bolos kerja, jadi akhirnya saya yang mengantar Surya ke sini. Kami juga memikirkan tentang bagaimana biaya yang harus kami keluarkan, kami pun menginap di rumah warga karena jauh lebih murah,” ujar sang paman, Ansorudin yang mendampingi Surya di Audisi Umum kali ini.

Surya pun tinggal menyisakan dua laga. Jika ia berhasil meraih kemenangan di dua laga yang akan ia jalani besok (23/7), maka mimpinya untuk meraih beasiswa bulutangkis dari Djarum Foundation pun semakin dekat. Ia akan berhak meraih Super Tiket untuk mengikuti final Audisi Umum yang akan digelar bulan September mendatang. Semangat Surya! (RI)

Baca juga: [Asia Junior Championships 2018] Sosok di Balik Keberhasilan Ribka/Febriana