Sirkuit Nasional
Home > Berita > SIRKUIT NASIONAL > Pemain-Pemain Ganda Taruna PB Djarum Kuasai Sirnas
31 Mei 2010
Pemain-Pemain Ganda Taruna PB Djarum Kuasai Sirnas
 
 

Lima kali sudah ajang Djarum Sirkuit Nasional (Sirnas) digelar. Atlet-atlet PB Djarum selalu konsisten memberikan gelar juara bagi klubnya. Namun yang paling menonjol terlihat dari nomor ganda taruna putra dimana PB Djarum memborong semua gelar juara nomor ini. Mulai dari Sirnas Balik Papan bulan Februari lalu dimana pasangan Jones Ralfy Jansen/Dandi Prabudita tampil sebagai kampiun. Jones/Dandi yang kala itu menjadi unggulan kedua menundukkan unggulan utama Feryco H. Halim/Samuel Paulus (Tangkas Alfamart) dengan 21-13, 21-17. Setelah Sirnas Balik Papan, Jones/Dandi difokuskan untuk persiapan dan pertandingan Kejuaraan Asia Yunior yang kemudian berlanjut ke kejuaraan dunia yunior.

Tanpa kehadiran Jones/Dandi, PB Djarum tidak kehilangan kekuatannya. Pasangan Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto mengambil tongkat estafet dengan menjuarai sirnas berikutnya di Manado (Maret) dan Pekan Baru (April). Di Manado, Praveen/Rangga berangkat sebagai unggulan keenam berhasil mengalahkan Bayu Tri/Rinov Dalle di final dengan 21-15, 21-14. Selanjutnya, Praveen beranjak menjadi unggulan ketiga di Sirnas Pekan Baru dan memenangkan partai final atas Ali Akbar/Apid Rosidin (Mutiara Bandung) 15-21, 21-16 dan 21-14.

Pesta ganda taruna putra Djarum makin menjadi di dua sirnas paling anyar yakni Sirnas DKI Jakarta dan Sirnas Jawa Barat. PB Djarum menguasai lima dari delapan tempat di babak delapan besar Sirnas DKI Jakarta melalui pasangan Lucky Apri Nugroho/Rizky Susanto, Bagus Hariyanto/Kenas Adi Haryanto, Jusan Ahmad/Sigit Sudrajat, Edi Subaktiar/Felix Kinalsal dan unggulan kedua, Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto. Memasuki babak semi final, PB Djarum menempatkat tiga dari empat tempat dan menyisakan satu tempat buat pasangan Jaya Raya, Hafiz Faizal/Putra Eka Roma. Namun pasangan Jaya Raya tersebut dihentikan oleh Lucky/Rizky dengan 10-21, 12-21 sekaligus menciptakan “All Djarum Final”. Sedangkan perebutan tempat ke final lainnya antara Praveen/Rangga dan yuniornya Edi/Felix dimenangkan oleh Edi/Felix. Edi/Felix yang baru memasuki masa taruna tahun ini membuat kejutan dengan meraih gelar juara setelah mengalahkan Lucky/Rizky dengan 21-18, 16-21 dan 21-15.

Sensani Kevin/Arya
Kevin - Arya
Pesta berlanjut ke kota kembang, Bandung. PB Djarum kembali menguasai lima posisi di babak delapan besar. Salah satu pasangan yang meraih posisi tersebut adalah Kevin Sanjaya/Arya Maulana yang sebenarnya masih berada di kelompok umur remaja. Penampilan mereka bagai tak punya lawan di remaja dengan menjuarai dua sirnas terakhir, membuat pasangan ini dicoba bermain di kelompok taruna. Hasilnya di perdelapan final, mereka menundukkan unggulan utama, Hardianto/Ivandi Danang (Mutiara) dengan 15-21, 21-16, 21-17. Bahkan mereka terus melaju hingga semi final setelah mengalahkan unggulan lainnya Christian Gosai/Alpacino Koto (CBN Batam) 21-19, 21-10. Kiprah mereka akhirnya terhenti di semi final setelah ditaklukkan seniornya, Kenas Adi Haryanto/Sigid Sudrajad 14-21, 18-21.

Pertarungan babak akhir kembali terjadi “All Djarum Final”. Pasangan Praveen Jordan/Rangga Yave Rianto tidak mau mengulangi kekalahannya di Sirnas Jakarta dengan meraih gelar juara di kota kembang ini. Praveen/Rangga mengalahkan rekannya Kenas/Sigid di final dengan 21-14, 21-18.

Kejutan Dandi/Jones

Pasangan Dandi/Jones yang sudah menyelesaikan tugasnya di dua ajang yunior Internasional kembali bertanding di arena Sirnas. Walaupun secara usia, mereka berhak untuk mengukir prestasi di ganda taruna putra tetapi pelatih mempercayakan mereka untuk naik kelas ke kategori dewasa. Kejutan besar dibuat keduanya pada Sirnas teranyar yang berlangsung di kota Bandung. Dalam waktu sehari, Jumat (28/5) lalu, Dandi/Jones menumbangkan dua pasangan Pelatnas sekaligus dengan dua set langsung. Pada siang harinya, Dandi/Jones bertanding dibabak perdelapan final menghadapi Albert Saputra/Rizky Yanu Kresnayandi. Dandi/Jones mengalahkan pasangan yang beberapa tahun terakhir menghuni Pelatnas tersebut dengan 21-19, 22-20.

Kejutan belum berakhir ketika sesi malamnya Dandi/Jones berhadapan dengan pasangan pelatnas lainnya, Andrei Adistia/Rachmat Ardianto. Dandi/Jones berhasil mengalahkan Juara Sirnas DKI Jakarta tersebut dengan 21-19, 22-20.

Kemenangan ini mengantarkan mereka ke semifinal untuk menghadapi juara dunia dan peraih emas Olimpiade. Penampilan mereka cukup baik ketika menghadapi pasangan nomor satu Indonesia itu dengan memberikan perlawanan ketat di awal-awal set. Mereka kalah dari Kido/Hendra dengan skor 14-21, 17-21.

Masih tersisa empat ajang sirnas lagi. Keperkasaan ganda-ganda taruna PB Djarum kembali akan kembali di uji. Pasangan-pasangan PB Djarum akan terus bersaing memburu prestasi (HK)