Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Hayom, Fransiska, Ahsan/Bona Tembus Final di India
19 Desember 2010
Hayom, Fransiska, Ahsan/Bona Tembus Final di India
 
 

Dionysius Hayom RumbakaIndonesia akhirnya bisa menempatkan tiga wakilnya pada tiga nomor babak final kejuaraan bulutangkis India Open Grand Prix 2010. Dionysius Hayom Rumbaka, Fransiska Ratnasari serta pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano akan mencoba mendulang gelar juara pada babak final yang akan dilangsungkan hari minggu [19/12].

Kepastian Indonesia merebut satu tiket ke final diawali oleh pasangan ganda putra Mohammad Ahsan/Bona Septano ketika bertemu pasangan Singapura Hendri Kurniawan Saputra/Chayut Triyachart. Pasangan Indonesia tak menduga bakal mendapat perlawanan ketat dari pasangan Singapura ini. Pada awal set pembuka, pasangan Singapura bermain baik. Empat angka langsung di rebut oleh mereka. Pasangan Indonesia tak mau kalah. Setelah tertinggal 1-4, pasangan Indonesia bisa melewati perolehan angka pasangan Singapura dengan 6-4. Sadar akan kelebihan lawan yang mengandalkan kekuatan serangan berupa smes keras, pasangan Indonesia berusaha menurunkan bola. Strategi yang diterapkan pasangan Indonesia membuahkan hasil. Pasangan Indonesia bisa merebut set pertama dengan 21-18.

Di set kedua terlihat pasangan Indonesia akan menang mudah. Paling tidak hal ini tercermin dari angka yang didapat pasangan Indonesia pada jeda set kedua, yakni 11-5 dan bisa diperlebar lagi menjadi 13-6 kemudian 16-10. Pecahnya konsentrasi pasangan Indonesia membuat pasangan Singapura bangkit, dan mendapatkan “second win”. Lambat laun, pasangan Singapura mulai bisa mengumpulkan dan bahkan menyamakan kedudukan pada poin kritis di 19-19. Enam kali kedua pasangan bisa membuat angka sama sampai 25-25. Keberuntungan belum berpihak kepada pasangan Indonesia. Pasangan Singapura bisa menutup set kedua dengan kemenangan pada angka 27-25.

Ahsan dan BonaDi set penentuan, stamina pasangan Singapura turun drastis. Serangan mereka tidak setajam seperti di dua set sebelumnya. Sementara pasangan Indonesia justru mulai berani menyerang dengan melancarkan smes keras. Tercatat sembilan angka diperoleh dari tembakan smes pasangan Indonesia, sementara pasangan Singapura hanya lima kali. Baik dari awal set ketiga sampai perpindahan tempat, pasangan Indonesia masih berada di depan dalam perolehan angka. Setelah itupun pasangan Indonesia tetap mampu memimpin sampai kepastian kemenangan didapat ketika angka menunjukkan 21-13 untuk pasangan Indonesia. Dengan hasil ini Mohammad Ahsan/Bona Septano akan menantang unggulan utama Gan Teik Chai/Tan Bin Shen. Pasangan asal Malaysia ini meluncur ke babak final setelah mengubur impian pasangan muda Indonesia Ricky Karanda/Agripina Prima dengan 21-23, 21-12, 21-19. Bagi pasangan Mohammad Ahsa/Bona Septano dan Gan Teik Chai/Tan Bin Shen, pertemuan pada final kali ini akan menjadi pertemuan mereka yang ketiga, dengan kedudukan sementara imbang 1 – 1.

Fransiska RatnasariKepastian kedua ditentukan oleh pemain tunggal putri Fransiska Ratnasari. Unggulan ke lima tunggal putri ini mampu menundukkan pemain tuan rumah Sindhu Pusarla Venkata. Nana sempat terlambat panas. Kesempatan ini tak di sia-siakan pemain India yang merebut set pertama dengan 21-17. Setelah kembali dengan performanya, Nana bisa balik merebut set kedua dengan 21-17. Di set penentuan Nana pun masih tetap konsisten dengan bermain sabar. Meski masih bisa melancarkan smes ke arah Nana, Pemain India yang mulai kelelahan. Nana pun tak mau berlama-lama dan segera menyudahi perlawanan pemain tuan rumah dengan 21-15. Di babak final, Nana akan berhadapan kembali dengan pemain China Hui Zhou yang pernah mengalahkannya pada kejuaraan Victor Korea Open Grand Prix 2010 lalu. Pemain dari China inilah yang menghentikan Ana Rovita di babak semifinal.

Kepastian ketiga di buat oleh tunggal putra Dionysius Hayom Rumbaka. Menghadapi teror penonton tuan rumah yang mendukung andalan mereka Kashyap P, tidak membuat mental Finalis Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 ini mengendur. Dengan senjata smes kerasnya, Hayom mampu mendepak Kashyap P asal India dengan 21-19, 21-13. All Indonesian Final gagal diciptakan. Alamsyah Yunus yang bisa berada di babak semifinal, terhadang langkahnya oleh pemain Thailand Suppanyu Avihingsanon dengan 14-21, 21-23. Babak final akhirnya mempertemukan Dionysius Hayom Rumbaka dengan Suppanyu Avihingsanon. Hayom telah mempunyai modal berupa dua kali kemenangan dari pemain Thailand berperingkat 155 dunia ini.

Di ganda putri, Harapan Indonesia untuk bisa memunculkan wakil ganda putri di babak final kandas. Unggulan pertama Anneke Feinya Agustin/Annisa Wahyuni kembali harus bertekuk lutut dari pasangan yang pernah mengalahkan mereka pada Yonex Sunrise India Open 2009 Huan Xia/Tang Jinhua. Kali ini dengan rubber game 21-13, 18-21, 12-21. Della Destiara Haris/Suci Rizky Andini pun harus mengubur impian dalam-dalam. Unggulan ke empat ini belum bisa mengatasi perlawanan unggulan ketiga Ng Ern Hui/Ng Lin Hui dengan 14-21, 19-21.

Di ganda campuran akan saling memperebutkan gelar juara antara pasangan China Liu Peixuan/Tang Jinhua dengan pasangan dari Malaysia Gan Teik Chai/Ng Lin Hui.

Hasil Pertandingan India Open Grand Prix 2010