Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kejutan Ahsan/Bona
10 Desember 2010
Kejutan Ahsan/Bona
 
 

Hari keempat kejuaraan Yonex Sunrise Hongkong Open Super Series 2010 digemparkan oleh tumbangnya unggulan utama Koo Kean Keat/Tan Boon Heong dari Malaysia. Dan yang lebih menggembirakan karena pembuat kejutan berasal dari Indonesia yakni pasangan yang baru saja merebut gelar juara Indonesia Open Grand Prix Gold 2010 Mohammad Ahsan/Bona Septano. Pasangan Indonesia ini mampu mematahkan perlawanan pasangan yang selama ini dianggap menjadi momok yang menakutkan bagi lawan termasuk Ahsan/Bona. Apalagi dari dua kali pertemuan mereka, pasangan Indonesia ini selalu kalah.

Pertemuan ketiga mereka diawali dengan dominannya pasangan Malaysia di set pertama. Smes keras yang menjadi andalan pasangan Malaysia dibalas serupa oleh pasangan Indonesia. Sayangnya di set pertama pasangan Malaysia unggul dalam permainan di depan net yang berakibat laju angka pasangan Malaysia melesat dan tak terkejar. Pasangan Indonesia kalah 12-21. Memasuki set kedua pasangan Indonesia mencoba lebih sabar dan berani menyerang. Kesabaran dan keberanian yang dibuat pasangan Indonesia berbuah manis. Perbedaan perolehan angka tak selebar pada set pertama, bahkan jeda set kedua perolehan angka di pimpin oleh pasangan Indonesia dengan 11-9. Pasangan Malaysia sempat sekali menyamakan kedudukan menjadi 12-12. Setelah itu pasangan Indonesia terdepan di raihan angka dan mengambil set kedua dengan 21-18.

Pada set penentuan, pertarungan menjadi sangat seru. Kedua pasangan mengerahkan seluruh kemampuannya. Saling serang dengan smes keras diperagakan kedua pasangan. Selisih perolehan angkapun tak pernah lebih dari dua. Pasangan Malaysia di awal set ketiga beberapa kali memimpin, tetapi tak lama berselang pasangan Indonesia kembali mampu menyamakan kedudukan. Lagi-lagi pada saat break, pasangan Indonesia unggul 11-9. Setelah pergantian tempat, ganti pasangan tertinggal 13-15. Tak berapa lama, kembali pasangan Indonesia sukses menyamakan kedudukan menjadi 15-15. Tiga kali kedua pasangan ini bisa saling merapatkan angka sampai 18-18. Pada point tua, pasangan Indonesia bisa mendapatkan tiga angka sementara pasangan Malaysia hanya bisa menambah satu angka. Angka yang diperoleh dengan 21-19 oleh pasangan Indonesia mengantarkan mereka bertengger di perempat final dan sekaligus mengubur harapan pasangan Malaysia untuk bisa meraih gelar juara.

Di babak perempat final, Mohammad Ahsan/Bona Septano akan menjajal unggulan ke enam asal Korea Selatan Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Seong yang mengalahkan pasangan senior Indonesia Luluk Hadiyanto/Candra Wijaya dengan 21-16, 21-10. Indonesia di babak perempat final juga berhasil menempatkan dua pasang ganda putra lainnya. Unggulan kedua Markis Kido/Hendra Setiawan berada di delapan besar setelah mengalahkan pasangan Thailand Sudket Prapakamol/Songphon Anugritayawon dengan 21-15, 21-15, sementara Alvent Yulianto/Hendra Aprida Gunawan menghentikan laju junior mereka Yohanes Rendi Sugiarto/Afiat Yuris Wirawan dengan 21-8, 21-9. Sayangnya kedua pasangan Indonesia ini harus bertemu untuk memperebutkan satu tiket di babak semifinal.

Meiliana JauhariDi ganda putri, tak ada wakil Indonesia yang tersisa. Meiliana Jauhari/Greysia Polii kandas di tangan pasangan Denmark Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl dengan 15-21, 16-21. Vita Marissa/Nadya Melati pun bernasib serupa. Pasangan ini kalah bersaing dari unggulan ke enam asal Thailand Duanganong Aroonkesorn/Kunchala Voravichitchaikul seteleh kalah dengan 19-21, 23-21, 15-21. (AR)

Hasil Pertandingan Hongkong Open Super Series 2010