Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Asia Youth U17 & U15 Championships 2013] Rinov Sumbang Dua Gelar Untuk Indonesia
14 Oktober 2013
[Asia Youth U17 & U15 Championships 2013] Rinov Sumbang Dua Gelar Untuk Indonesia
 
 

Kudus, 13 Oktober 2013 – Babak final Blibli.com Flypower Asia Youth U17 & U15 Championships 2013 nomor U15 sudah usai. Tercatat empat negara membawa pulang gelar juara, dimana tuan rumah berhasil meraih dua gelar sementara tiga gelar lainnya menjadi milik India, Korea dan Singapura.

Atlet PB Djarum Rinov Rinaldy yang berhasil menyumbangkan dua gelar untuk Indonesia. Bermain di dua nomor yakni di ganda campuran dan ganda putra, Rinov terlebih dahulu berhasil menjadi yang terbaik di ganda campuran. Bersama pasangan Vania Arianti Sukoco, Rinov sukses membekuk wakil Thailand Nipornram Pacharapol/Chaiwan Pattarasuda dalam dua game 21-14 dan 21-15 di pertandingan pertama final pada Minggu (13/10).

Kemenangan berhasil dia lanjutkan di ganda putra, berpasangan dengan Rifky Nur Alam, kembali Rinov berhasil mempecundangi wakil Thailand. Kali ini giliran Cheiklinthes Kittithat/Inkaew Wipoo yang ditaklukkan.

Berhasil menang 21-14 dengan mengandalkan bola cepat di game pertama, mereka justru berbalik ketinggalan, bahkan sempat tertinggal 1-10 di game kedua. Melepas game kedua dan kalah 13-21, Rinov/Alam sanggup menutup game ketiga ini dengan 21-12.

“Di game pertama kami memaksa bermain cepat, mungkin mereka belum panas, akhirnya di game kedua mereka bermain cepat kita kalah. Sementara di game ketiga kami mulai merubah strategi, kami memperbanyak rally,” ujar Rinov usai laga.

Rinov yang lahir di Bekasi, 13 November 1999 ini mengaku sangat senang bisa meraih dua gelar diajang tahunan milik Konfederasi Bulutangkis Asia (BAC) ini. Ia yang mengaku tampil buruk di babak pertama, tidak menyangka pada akhirnya ia malah justru bisa membawa pulang dua gelar.

“Saya tidak menyangka bisa juara dua-duanya, karena di awal turnamen saya bermain jelek. Tapi akhirnya saya berusaha untuk terus memiliki keyakinan bahwa saya bisa, dan terus berdoa,” lanjutnya.

Indonesia sebenarnya berpeluang untuk meraih empat gelar di nomor U15 ini, sayang dua wakil lainnya di nomor ganda putri dan tunggal putra harus kalah dari lawan masing-masing. Vania Arianti Sukoco/Serena Kani harus mengakui keunggulan ganda kembar asal Korea, Seong Ah Yeong/Seong Na Yeong. Mereka kalah dua game langsung 19-21 dan 18-21. Sementara wakil dari PB Exist, Gatjra Putra harus mengakui keunggulan Varma Siril dengan 11-21 dan 17-21. Sedangkan gelar tunggal putri terbang ke Singapura, setelah unggulan pertama Yeo Jiamin menang atas wakil Korea Jang Na Ra dengan 21-17, 20-22 dan 21-16. (IR)