Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [China Open 2019] Tontowi/Winny Buat Kejutan
19 September 2019
[China Open 2019] Tontowi/Winny Buat Kejutan
 
 

Babak kedua kejuaraan bulutangkis China Open 2019 yang dimainkan hari ini (19/9) kembali diwarnai dengan kejutan. Unggulan kelima dari Malaysia sekaligus pemegang medali perak Olimpiade Rio 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying tersungkur. Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny  Oktavina Kandow menjadi pasangan yang mengalahkannya.

Semula, ganda campuran Indonesia seperti akan kalah cepat.  Setelah di game pertama kalah dengan 17-21 Tontowi/Winny tertinggal di game kedua sampai 14-17. Tetapi ganda campuran Indonesia tidak patah semangat. Mereka mampu mengejar dan bahkan berbalik menang dengan 23-21. Angka ketat kembali terjadi di game ketiga. Berbekal ketenangan, Tontowi/Winny  mampu merebut game ketiga dengan 21-18.

"Sebenarnya di game pertama sudah masuk pola mainnya, makanya poinnya kejar-kejaran, tapi kami kurang cerdik. Di game kedua dan ketiga kami lebih nekad dan coba terus cari poin. Saya sudah sering ketemu sama Chan/Goh, kala tipe main sudah sama-sama ngerti, tinggal kondisi dan ketenangan di lapangan saja yang menentukan," ujar Tontowi seperti yang disampaikan kepada badmintonindonesia.org.

"Hari ini Winny bermain lebih baik, dia bisa menerapkan apa yang diinstruksikan pelatih. Memang masih ada panik di satu dua poin, seharusnya nggak boleh, saya juga sama, tadi ada kesalahan juga," tambah Tontowi.

"Hari ini kami memang unggul dari segi ketenangan dan kondisi tubuh, mainnya lebih enak. Selain itu kami bisa jaga fokus, nggak on-off, bisa konsisten sampai akhir pertandingan," tutur Winny.

Lepas dari unggulan kelima, Tontowi/Winny kembali akan bertemu lawan tangguh di babak perempat final besok (20/9). Tidak tanggung-tanggung, unggulan kedua asal Tiongkok Wang Yi Lyu/Huang Dongping akan didahapi oleh Tontowi/Winny.

Meski berat, Tontowi masih tetap optimis bisa memberikan perlawanan yang berarti. "Mereka cukup kuat, tapi sebenarnya kalau bisa menerapkan pola yang benar, kami bisa. Kami harus optimis, lawan pun menghadapi pola main kami sebetulnya nggak enak, tapi kami tidak bisa konsisten menerapkan pola ini dari awal sampai akhir," pungkas Tontowi.

Pasangan Tontowi/Winny menjadi harapan terakhir setelah pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal membendung unggulan ketujuh dari Korea Seo Seung Jae/Chae Yu Jung. Rinov/Pitha menyearah 15-21, 18-21. (AR)