Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > PB Djarum Selamatkan Muka Indonesia di GGJP Indonesia Challenge 2007
03 September 2007
PB Djarum Selamatkan Muka Indonesia di GGJP Indonesia Challenge 2007
 
 

Ancaman dominasi pemain asing dalam perebutan gelar Gudang Garam Jawa Pos Indonesia Challenge 2007 rupanya terbantahkan. GOR Sudirman yang terletak di Jl. Kertajaya, Surabaya, menjadi saksi kehebatan para pemain-pemain Indonesia, Sabtu (1/9) malam lalu. Indonesia pun berhasil merebut tiga gelar juara, dari lima nomor yang dipertandingkan, dan ketiganya berasal dari cabang Ganda.

Pada nomor Tunggal, gelar juara ini berhasil diboyong oleh pemain asing asal Korsel dan Taiwan. Hong Jing Hoon, pemain Tunggal Putra asal Korsel tersebut, menang atas permainan rekan senegaranya, Lee Cheol Ho, dengan 21-15, 11-21, 21-17. Sedangkan untuk nomor Tunggal Putri, Yi Ju Chiu (Taiwan) keluar sebagai juara setelah mengalahkan pemain Jepang, Megumi Taruno dalam dua set langsung, 21-18, 21-14. Gagalnya pemain lokal di nomor Tunggal ini membuktikan, kekuatan nomor Tunggal Indonesia belum seutuhnya pulih dari mati suri.

Sementara itu, kekuatan Ganda-lah yang nampaknya menjadi aset terbesar bangsa Indonesia di ajang bulutangkis internasional, seperti yang terjadi dalam beberapa event bergengsi lainnya sepanjang tahun 2007 ini. Dan khusus untuk turnamen kali ini, PB Djarum mungkin menjadi satu-satunya klub bulutangkis yang mempunyai andil terhadap kemenangan pemain Ganda Indonesia, sekaligus penyelamat muka bangsa. Bagaimana tidak? Kedua pasangan Ganda Putra dan Putri merupakan para pemain binaan klub Djarum. Bahkan, pemain Pelatnas PB PBSI di nomor Ganda Campuran, Tantowi Ahmad/Yulianti pun juga berasal dari klub yang sama.

Shendy Puspa Irawati/Meiliana Jauhari yang menjadi unggulan teratas, menjadi juara Ganda Wanita setelah berhasil mengatasi perlawanan pasangan pemain asal Jepang, Yasuyo Imabeppu/Shizuka Matsuo di final Indonesia Challenge 2007. Shendy/Meiliana yang di set pertama agak kurang kurang menggigit, ternyata mampu membalik keadaan di set kedua dan ketiga. Pasangan yang dibesarkan oleh klub Djarum ini mampu memanfaatkan kesalahan yang dilakukan oleh pasangan Jepang tersebut sehingga mampu menghasilkan angka kemenangan bagi Shendy/Meiliana. Yasuyo/Shizuka pun menyerah setelah ditaklukkan dengan skor. 15-21, 21-15, 21-17.

Sedangkan kampiun di nomor Ganda Putra, terletak di tangan Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki, yang berhasil mengalahkan permainan rekannya sendiri dalam pertandingan All Djarum Final, dengan Fran Kurniawan/Ade Lukas. Mereka pun menang telak dalam dua set langsung, 21-18, 21-17. Kemudian di nomor Ganda Campuran, Pelatnas Cipayung pun kebagian gelar juara di tangan, Tantowi Ahmad/Yulianti. Pasangan ini sukses setelah menumbangkan permainan pasangan Korsel, Yoo Yeon Seong/Kim King Jung dengan 21-15, 15-21, 21-9. Pertandingan yang berlangsung alot tersebut pun mampu dituntaskan kedua pemain Pelatnas yang juga dibesarkan oleh klub Djarum tersebut.

Juara Gudang Garam Jawa Pos Indonesia Challenge 2007

Tunggal Putra : Hoon Jin Hong (Korsel)

Tunggal Putri : Yi Ju Chiu (Taiwan)

Ganda Putra : Rian Sukmawan/Yonathan Suryatama Dasuki (Indonesia)

Ganda Putri : Shendy Puspita Irawati/Meiliana Jauhari (Indonesia)

Ganda Campuran : Tantowi Ahmad/Yulianti (Indonesia)