Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tontowi/Liliyana Kembali ke Tiga Besar
23 Maret 2012
Tontowi/Liliyana Kembali ke Tiga Besar
 
 

Setelah lebih dari setengah tahun tergeser ke peringkat empat dunia, pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akhirnya berhasil kembali masuk ke tiga besar dunia. Perlu dijaga untuk keperluan pengundian Olimpiade London 2012.

Menurut daftar peringkat BWF rilisan kemarin (22/3), pasangan nomor satu Indonesia tersebut telah naik peringkat ke peringkat tiga dunia. Terakhir kali mereka menghuni tiga besar adalah pada pertengahan Oktober tahun lalu. Sejak itu pencapaian mereka memang cenderung tersendat. Tak heran kemudian mereka tergeser ke peringkat empat dan terus stabil di posisi empat hingga akhirnya menjuarai All England dan Swiss Open sekaligus bulan ini.

Kasubid Pelatnas PB PBSI Christian Hadinata bulan lalu sempat menyebutkan bahwa ia mengharapkan peringkat Tontowi/Liliyana naik ke peringkat tiga.

Karena seeding pada babak kualifikasi dibuat blok-bloknya. Kalau mereka bisa naik ke peringkat tiga, maka biasanya akan melawan seeding dua. Itu akan lebih menguntungkan mereka,” ujar peraih gelar juara ganda campuran All England pada tahun 1978 tersebut. Dan Tontowi/Liliyana berhasil membuktikan bahwa mereka layak untuk masuk ke tiga besar dunia dengan dua gelar juara berturutan. Tugas mereka saat ini adalah menjaga konsistensi permainan, dan bahkan meningkatkan peringkat sehingga bisa memaksimalkan keuntungan untuk undian Olimpiade yang akan berlangsung pada bulan Juli nanti.

Saat ini peringkat dua dipegang oleh Xu Chen/Ma Jin (China) yang skor pertemuannya dengan Tontowi/Liliyana adalah 3-1, yang berarti pasangan Indonesia ini hanya pernah satu kali menang melawan Xu/Ma, yakni, di Singapore Open Super Series 2011. Peringkat satu sendiri dihuni Zhang Nan/Zhao Yunlei sejak awal tahun lalu hingga kini, dan Joachim Fischer Nielsen/Christinna Pedersen (Denmark) kini harus tergeser ke peringkat empat. (DC)