Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Indonesia International Challenge 2018] Tania/Vania Raih Gelar Juara
28 Oktober 2018
[Indonesia International Challenge 2018] Tania/Vania Raih Gelar Juara

Pasangan ganda putri Indonesia, Tania Oktaviani Kusumah/Vania Arianti Sukoco, tampil cemerlang di ajang Indonesia International Challenge 2018. Keduanya berhasil meraih gelar juara setelah di babak final yang baru saja usai, Minggu (28/10), di GOR Sudirman, Surabaya, mereka mampu menundukkan pasangan Jepang yang diunggulkan di posisi kelima, Miki Kashihara/Miyuki Kato.

Mengawali laga game pertama, Tania/Vania tak mampu membukanya dengan baik. Alhasil keduanya pun beberapa kali harus tertinggal angka demi angka seperti 6-11. Meski sempat berusaha mengejar ketertinggalan dan memaksa terjadinya adu setting 20-20, namun nampaknya kali ini keberuntungan lebih berpihak pada Miki/Miyuki. Setelah dua angka beruntun lebih dulu diraih, Miki/Miyuki menutup game pertama itu dengan keunggulan 22-20 atas Tania/Vania.

"Game pertama kami kurang tenang, buru-buru, dan gak sabar. Pokoknya tadi kami mengikuti pola permaianan lawan," kata Vania 
Pindah di game kedua, Tania/Vania mampu mengawalinya dengan cukup baik. Beberapa kali keduanya mampu unggul angka atas lawan seperti 8-6, 14-8, 17-10 hingga akhirnya berhasil menutup game kedua itu dengan kemenangan 21-11. Hal itu pun memaksa terjadinya rubber game. "Game kedua kami lebih main tenang dan sabar. Sebisa mungkin saya harus bisa memancing bola depan, agar lawan mengangkatnya dan menjadi sasaran Tania untuk meloncarkan serangan," sahut Vania.  "Saya juga sudah sabar di game kedua, percaya dirinya sudah dapat, dan tidak terlalu terburu-buru. Terus juga lawan banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat keuntungan buat kami," tambah Tania.

Penampilan semakin meyakinkan mampu ditunjukkan pasangan yang dilahirkan oleh PB Djarum ini pada game penentu. Keduanya langsung berhasil memimpin angka demi angka atas lawan seperti 5-1, dan 11-7. Sampai pada akhirnya, gelar juara dapat dipastikan oleh Tania/Vania setelah di game ketiga mereka menutupnya dengan keunggulan angka 21-11. "Game ketiga percaya dirinya sudah tambah naik. Pelatih sudah memberi tahu kami agar harus antisipasi bola-bola lawan arahnya mau kemana," kata Vania.

Dengan hasil ini, Tania/Vania mengaku tak menyangka. Pasalnya sejak dimulainya babak pertama beberapa hari lalu, mereka hanya fokus untuk tampil baik disetiap laga. "Hasil ini lebih dari harapan. Sebelumnya kami hanya ingin tampil baik disetiap laga, dan bisa juara benar-benar tidak menyangka," jelas Tania.  Meski begitu, Juara Kejuaraan Nasional 2017 ini pun tak cepat puas dengan apa yang didapatnya kali ini. Mereka kembali akan mengemban misi untuk bisa tampil maksimal di turnamen berikutnya, yaitu pada ajang Macau Open 2018 yang akan berlangsung mulai 30 Oktober hingga 4 November mendatang. "Besok (29/10) mungkin langsung terbang ke Macau. Harapannya di sana bisa tampil maksimal lagi dan jangan cepat puas dengan hasil ini," pungkas Tania. (arh)