Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Sudirman 2019] Terbuka Peluang Menang Dari Inggris
19 Mei 2019
[Piala Sudirman 2019] Terbuka Peluang Menang Dari Inggris
 
 

Terbersit kemenangan akan diraih tim Indonesia saat menjamu tim Inggris pada pertandingan pertama perebutan Piala Sudirman di grup 1B. Bercermin pada daftar susunan yang telah dikeluarkan, potensi kemenangan ada di pihak Indonesia. Jika skenario berjalan mulus, Indonesia bakal mencukur  Inggris.

Daftar pertandingan yang memainkan ganda putra di partai pertama, jelas menguntungkan bagi tim Indonesia. Umumnya pertandingan beregu, partai pertama akan menjadi kunci kemenangan tim dan juga penambah kepercayaan diri bagi partai berikutnya. Dan Indonesia memiliki pasangan jangkar untuk mendobrak pertahanan Inggris. Partai pertama rasanya akan menjadi milik Indonesia. Kemenangan tiga kali Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon atas ganda utama Inggris, Marcus Ellis/Chris Langridge akan menjadi modal untuk membuka kunci kemenangan dari Inggris.

Di partai kedua yang memainkan nomor tunggal putri juga bisa menjadi milik Indonesia. Indonesia menurunkn tunggal terbaiknya, Gregoria Mariska Tunjung. Juara World Junior Championship 2017 ini dipercaya untuk menghentikan tunggal Inggris Abigail Holden. Memang Gregoria belum pernah bertemu dengan lawannya. Tetapi jika melihat peringkat dunia yang dimiliki dan juga catatan prestasi, Gregoria masih lebih unggul dibanding lawannya.

Entah kenapa Inggris tidak membawa tunggal putra terbaiknya, Rajiv Ouseph pada timnya. Inggris hanya menyertakan Toby Penty yang saat ini ada di peringkat 65 dunia. Walhasil, Toby harus menghadapi tunggal terbaik Indonesia Anthony Sinisuka Ginting pada partai ketiga. Perbedaan peringkat yang mencolok, membuat peluang menang Anthony terbuka lebar.

Dua pasang ganda putri nomor satu dari Indonesia dan Inggris akan bertemu pada partai ke empat. Greysia Polii/Apriyani Rahayu akan menjamu Chloe Mirch/Lauren Smith. Potensi menang Greysia/Apriyani tetap ada. Apalagi pada pertemuan pertama di kejuaraan All England 2019, kemenangan ada pada ganda Indonesia.

Partai kelima akan menjadi pertandingan yang menarik. Dua pasang ganda campuran dunia akan saling berhadapan. Indonesia menurunkan pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti untuk meredam pasangan suami istri Chris Adcock/Gabrielle Adcock.  Indonesia sebenarnya memiliki pasangan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebenarnya memiliki peringkat dunia lebih baik jika dibandingkan Praveen/Melati. Faktor pengalaman pertemuan dan juga kemenangan rasanya menjadi pilihan bagi Indonesia untuk menurunkan Praveen/Melati. Dari empat kali pertemuan, Praveen/Melati bisa menang sebanyak dua kali dan kemenangan diraih di dua kali pertemuan terakhir.

Pertandingan beregu memang berbeda dengan pertandingan perorangan. Tekanan mental pertandingan beregu begitu kental. Diharapkan pemain Indonesia dapat bermain dengan lepas agar bisa memetik kemenangan penuh yang bisa menjadi modal untuk melanjutkan pertandingan di babak berikutnya. (AR)