Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Thailand Masters 2019] Firman Melesat ke Perempat Final
10 Januari 2019
[Thailand Masters 2019] Firman Melesat ke Perempat Final

Firman Abdul Kholik menjadi satu-satunya pebulutangkis Indonesia di nomor tunggal putra yang berhasil melesat ke babak perempat final turnamen Thailand Masters 2019. Tiket perempat final diraih oleh Firman setelah di babak kedua, Kamis (10/1) tadi mampu menghentikan langkah pemain asal tuan rumah Sitthikom Thammasin dengan pertarungan dua game langsung bertempat di Indoor Stadium Huamark, Thailand.

Untuk mengalahkan pemain yang lebih diunggulkan, Firman hanya butuh waktu 48 menit. Bahkan, tanpa kendala berarti Firman mampu meraih game pertama dengan angka, 21-16. Tetapi tak mudah bagi Firman untuk meraih game keduanya. Pasalnya, Firman dipaksa ekstra bekerja keras agar dapat memenangkan pertarungan. Dan usahanya pun berhasil. Firman keluar sebagai pemenang, meski di game duanya bertarung melalui pertarungan adu setting, 22-20.

"Saya sudah waspada dengan kebiasaan lawan, setelah saya terima servis, dia selalu ingin cepat-cepat mematikan. Tadi saya sudah lebih siap. Saya juga lebih berani untuk bermain reli dan jarang bermain net, karena laju bolanya lambat. Sehingga lebih menguntungkan untuk bermain reli," jelas Firman seperti dilansir Badmintonindonesia.org.

Bagi Firman sendiri, ini adalah kemenangan pertamanya dari pebulutangkis rangking 41 dunia itu. Padahal, di tiga pertemuan sebelumnya Firman selalu kalah dari pemain Thailand itu. Otomatis skor pertemuan mereka pun menjadi 1-3.

"Walaupun sebelumnya kalah dan dia sekarang wakil tuan rumah, tapi saya tidak ada beban untuk pertandingan hari ini. Cuma ya saya mau mengalahkan dia," tutur Firman.

Selanjutnya, di babak perempat final Thailand Masters 2019 nanti. Firman yang berada diposisi 61 rangking dunia itu akan menghadapi pemain unggulan delapan asal negeri tirai bambu Lu Guangzu. Berdasarkan catatan Firman pernah berjumpa dengan pemain rangking 31 dunia itu. Kala itu Firman dikalahkan oleh Lu dalam duel dua game langsung, 15-21 dan 20-22 pada China Master 2016 lalu. (ds)