Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Kejuaraan Dunia Yunior 2010 : Tim Indonesia Melaju ke Semi Final
18 April 2010
Kejuaraan Dunia Yunior 2010 : Tim Indonesia Melaju ke Semi Final
 
 

Tim yunior Indonesia berhasil maju ke babak semifinal kejuaraan Dunia Junior 2010 yang berlangsung di Guadalajara, Mexico. Dua kali bertanding dalam satu hari, dua kali pula tim yunior Indonesia memenangkan pertandingan. Memulai pertandingan pada pagi hari pukul 08.30 waktu setempat, tim Junior Indonesia berhasil memukul telak tim Kanada 5 – 0 sekaligus membuat tim junior Indonesia memimpin Grup X1. Pada babak play off yang berlangsung sore harinya, tim junior Indonesia kembali berjaya. Juara grup X2, tim yunior Taipei yang menjadi lawan tim junior Indonesia dipaksa menyerah kalah dengan 1-3.

Dari seluruh partai yang dipertandingkan saat menghadapi tim Junior Kanada, hanya partai pertama yang mempertandingkan ganda campuran yang mendapat perlawanan sengit. Wahyu Nayaka/Aulia Putri Darajat dipaksa bermain rubber game oleh pasangan Kanada, Michael Diaomd/Surabhi Kadam sebelum akhirnya pasangan Indonesia menang dengan 24-22, 19-21 dan 21-11. Shesar Hiren Rhustavito di tunggal putra mempersembahkan satu angka kemenangan bagi tim Indonesia, setelah menundukkan Nyl Yakura dengan dua set langsung 21-12, 21-7. Di partai ketiga yang mempertandingkan nomor tunggal putri, Indonesia kembali menurunkan Novalia Agustianti. Novalia menjawab kepercayaan yang diberikan dengan membukukan satu angka kemenangan bagi tim Indonesia setelah mengalahkan Tracy Wong dengan 21–12, 21-10. Jones Ralfy Jansen/Dandi Prabudita di ganda putra tak mau kalah, Semifinalis kejuaraan Asia Junior 2010 ini berhasil memperbesar kemenangan Indonesia atas tim Kanada dengan menundukkan Nathan Choi/Andrew Lau dengan 21-10, 21-19. Di ganda putri Nurbeta Kwanrico/Aulia Putri Darajat melengkapi kemenangan Indonesia atas Kanada menjadi 5 – 0 setelah mengalahkan Jessica Leung / Surabhi Kadam dengan 21-13, 21-8.

Bermain sore hari pukul 15.30 waktu setempat, tim yunior Indonesia mendapat perlawanan sengit dari tim junior Taipei pada pertandingan babak play off. Pasangan ganda campuran dari PB Djarum, Jones Ralfy Jansen/Nurbeta Kwanrico membuka kemenangan tim junior Indonesia atas tim junior Taipei. Jones/Nurbeta dipaksa bermain ruber game saat menghadapi Ping Hsuan Hsieh/Mei Hui Chiang walaupun akhirnya menang 21-13, 18-21 dan 21-13. Tunggal putri yang menjadi partai kedua menjadi milik Taiwan, sekaligus merubah kedudukan menjadi 1-1. Pemain tunggal putri Indonesia Novalia Agustianti dipaksa menyerah dari Tzu Ying Tai. Meski kalah Novalia berhasil mengajak pemain Taiwan bermain rubber game sebelum dengan 18-21, 21-14, 16-21. Ryanto Subagja di partai ke tiga menjadikan Indonesia unggul 2-1 atas tim Taiwan setelah mengalahkan Feng Tse Hsieh dengan 21-18, 13-21, 23-21. Pasangan ganda putri Nurbeta Kwanrico / Aulia Putri Darajat menjadi kunci kemenangan Indonesia atas tim Taiwan. Dengan perolehan angka yang sangat ketat pasangan ganda putri asal PB Djarum ini menghempaskan Yu Lun Wu / Fang Yu Lee dengan 22-20, 21-19 sekaligus mengantar tim junior Indonesia maju ke babak semifinal.

Di babak semifinal yang akan berlangsung pada hari minggu (18/4) tim junior Indonesia akan menghadapi tim tangguh China. (AR)