Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Akita Masters 2019] Firman, Nita/Putri Ke Semifinal
16 Agustus 2019
[Akita Masters 2019] Firman, Nita/Putri Ke Semifinal
 
 

Dua tempat babak semifinal kejuaraan bulutangkis Akita Masters 2019 sudah diambil oleh para pemain Indonesia. Firman Abdul Kholik di tunggal putra dan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah di ganda putri sudah mendapat pasti mendapat tiket babak empat besar.

Hari ini (16/8), Firman yang merupakan unggulan kelima tunggal putra harus berjuang lebih dari satu jam untuk mengakhiri perlawanan pemain Korea, Kim Donghun pada babak perempat final. Firman yang kalah di game pertama dengan 17-21, sempat berada dalam ujung tanduk setelah nyaris kalah di game kedua di posisi 18-20. Beruntung empat angka secara berturut-turut justru didapat oleh pemain bertangan kidal ini sampai akhirnya menang 22-20. Hal yang sama terjadi lagi di game ketiga. Firman tertinggal di angka kritis, 19-20. Tetapi yang terjadi, justru Firman lagi-lagi mampu memaksa pertandingan sampai adu setting dan kembali menang dengan angka tipis 22-20.

"Di game kedua tadi saya coba buat kontrol main lawan dulu, coba buat main lebih variasi dengan lob dan chop. Jadi nggak buru-buru smash terus, karena lawan sudah jagain di belakang terus, saya coba buat ngatur dulu," ujarnya kepada badmintonindonesia.org.

"Di game ketiga juga hampir sama sih, soalnya kan tipe main lawan cepat terus jadi coba buat ngontrol permainan dia," lanjutnya.

Selain Firman, wakil Indonesia lainnya di babak semifinal datang dari ganda putri. Nita Violina Marwah/Putri Syaikah membuat kejuatan dengan menumbangkan unggulan pertama ganda putri dari Jepang Nami Matsuyama/Cjiharu Shida dengan 26-24, 23-21. Dengan kemenangan ini, Nita/Putri sukses membalas kekalahan yang pernah diderita dikejuaraan bangka Belitung Indonesia masters 2018.

Besok (17/8), pada babak semifinal Firman akan bertemu pemain Jepang, Yusuke Onodera. Firman menjadi satu-satunya pemain unggulan yang masih bertahan sampai babak semifinal dan juga satu-satunya semifinalis diluar pemain Jepang. Firman pernah menang dari Yusuke pada kejuaraan Vietnam Open Grand Prix 2016. Di ganda putri, Nita/Putri juga akan menghadapi wakil dari Jepang, Mayu Nakamura/Miku Shigeta.

Sementara itu Ruselli Hartawan di tunggal putri, Ghifari Anandaffa Prihardika/Indah Cahya Sari Jamil dari ganda campuran dan ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin tertahan langkahnya di babak perempat final. Ruselli dikalahkan An Se Yong dari Korea dengan 17-21, 14-21, Ghifari/Indah juga menyerah ditangan wakil Korea, Wang Chan/Jeong Na Eun dengan 17-21, 16-21 dan Leo/Daniel dihentikan unggulan ketujuh Huang Kai Xiang/Liu Cheng dengan 22-20, 13-21, 18-21. (AR)