Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open Grand Prix Gold 2013] Tontowi/Liliyana Tapaki Semifinal
16 Maret 2013
[Swiss Open Grand Prix Gold 2013] Tontowi/Liliyana Tapaki Semifinal
 
 

Duet ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir berhasil menapaki semifinal Swiss Open Grand Prix Gold 2013, Jumat (14/3). Tontowi/Liliyana menjadi satu-satunya wakil yang sukses melewati perempat final dengan mudah. Sementara itu dua wakil lainnya, harus mengakhiri perjuangan mereka.

Pertemuan pertama Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir dengan Shin Baek Choel/Jang Ye Na, Korea Selatan, di perempat final berhasil dimenangkan pasangan Indonesia. Seperti tak menemui hambatan, Tontowi/Liliyana merebut dua game langsung, 21-15 dan 21-13. Jarak peringkat yang cukup jauh, ternyata tetap menjadi kekuatan Tontowi/Liliyana untuk menjadi pasangan yang diunggulkan sebagai pemenang.

Di semifinal mereka akan berhadapan dengan Zhang Nan/Tang Jinhua, China. Zhan/Tang yang merangkak dari babak kualifikasi sebelumnya telah mengalahkan duet kakak-beradik asal Indonesia, Markis Kido/Pia Zebadiah Bernadeth.

Tertinggal di game pertama, Kido/Pia sempat membuka peluang dengan kemenangannya di game kedua. Namun tak berlangsung lama, di game penentu Kido/Pia justru kembali tertinggal. Skor 21-19, 19-21 dan 21-14, akhirnya direbut lebih awal oleh lawan.

Pasangan Muhammad Rijal/Debby Susanto juga terpaksa berhenti di perempat final. Ganda campuran besutan PB Djarum itu tak berhasil mengatasai pemain Jerman, Michael Fuchs/Birgit Michels, yang menyandang unggulan enam. Melalui rubber game, Rijal/Debby akhirnya harus rela terhenti sebelum menyentuh partai puncak. Michael/Brigit unggul dengan skor 17-21, 21-19 dan 21-15.

Sementara itu di ganda putri, Pia Zebadiah Bernadeth/Rizky Amelia Pradipta juga harus mengakhiri perjuangannya. Berhadapan dengan unggulan pertama asal Denmark, Christinna Pedersen/Kamilla Rytter Juhl. Pia/Rizki tertinggal dua game langsung, 21-19 dan 21-15. Dengan demikian tidak ada wakil putri Indonesia di semifinal turnamen ini. (NM)