Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Peringkat Dunia] Peringkat Hafiz/Gloria Melesat
20 Juli 2018
[Peringkat Dunia] Peringkat Hafiz/Gloria Melesat
 
 

Berkah menjadi juara Thailand Open 2018 tak hanya menjadikan nama pasangan ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja semakin menjadi pusat perhatian tetapi juga membuat mereka  menjadi salah satu kandidat kuat bagi Indonesia untuk menatap Olimpiade 2020 di Jepang. Rupanya lebih dari itu, peringkat ganda yang belum lebih dari sembilan bulan dipadukan ini juga melesat naik. Selepas menjadi semifinalis kejuaraan bulutangkis Blibli Indonesia Open 2018, posisi Hafiz/Gloria pada daftar peringkat dunia masih ada di urutan 11. Tetapi pada daftar peringkat terbaru yang telah di rilis oleh badan bulutangkis dunia (BWF), peringkat Hafiz/Gloria melesat masuk dalam sepuluh besar dunia atau tepatnya pada peringkat tujuh  dunia.

Hafiz/Gloria semakin mendekati para pasangan ganda campuran yang telah lebih lama malang melintang di dunia bulutangkis. Chris Adcock/Gabrielle Adcock salah satu contohnya. Ganda Inggris yang dikalahkan di final Thailand Open 2018 tepat satu peringkat diatas Hafiz/Gloria atau ada di urutan enam. Lalu ganda Denmark Mathias Christiansen/Christinna Pedersen yang sudah dua kali dikalahkan Hafiz/Gloria masih kuat di peringkat lima dunia. Bukan tidak mungkin kedua ganda elit dunia ini akan bisa di lewati oleh Hafiz/Gloria.

Sementara itu ganda campuran nomor satu Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir sampai minggu ketiga bulan Juli 2018 masih tetap  bertahan di peringkat satu dunia. Peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 ini masih lebih baik dibandingkan ganda Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong yang menguntit di peringkat kedua atau juga Wang Yilyu/Huang Dongping yang ada di peringkat tiga.

Kenaikan peringkat juga didapat oleh pasangan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Enam peringkat langsung diraih dan membuat mereka duduk di urutan 27 dunia. Tak mau kalah, pasangan Ricky Karanda Suwardi/Debby Susanto juga naik tujuh undakan dan kini bertengger di peringkat 34. Namun kabar kurang menggembirakan malah didapat ganda muda Yantoni Edy Saputra/Marscheilla Gischa Islami. Ganda jebolan PB Djarum ini melorot dua peringkat dari 39 menjadi 41 dunia.(AR)