Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Tontowi/Liliyana Pertahankan Gelar di India
30 April 2012
Tontowi/Liliyana Pertahankan Gelar di India
 
 

Indonesia pastikan satu gelar pada turnamen India Open Superseries 2012 melalui pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.  Ini merupakan gelar India Open kedua yang diboyong Tontowi/Liliyana dalam dua tahun berturut-turut. Kemenangan ini membawa angin segar bagi Indonesia, setelah hampir semua wakilnya kandas sebelum memasuki babak final.


Pasangan Tontowi/Liliyana berhasil menekuk langkah pasangan Thailand, Sudket Prapakamol/Saralee Thoungthongkam, 21-16, 12-21, 21-14, Minggu (29/4). Partai final kali ini berlangsung cukup seru dan menegangkan.


Pada game pertama, Tontowi/Liliyana mampu mengolah bola dan meninggalkan lawannya, 21-16. Namun pada game kedua posisi berbalik arah. Pasangan Indonesia tertinggal cukup jauh dan sering kali berada di bawah tekanan Sudket/Saralee.


“Pada game kedua, kami tertinggal terlalu jauh dan sulit untuk kembali ke pola permainan kami. Selain itu kondisi kami juga tidak prima seperti  babak-babak awal,” ujar Liliyana yang ditemui usai pertandingan.


Untuk itu, Tontowi/Liliyana tak mau kehilangan momen pada babak ketiga. Pada perolehan angka 10 sama, Tontowi/Liliyana mulai meninggalkan lawannya dengan melesat pada 16-10. Lalu menutup pertandingan dengan skor 21-14.


Meskipun sempat tertinggal, namun saya mencoba untuk terus ngotot dan termotivasi agar bisa menang. Apalagi sebelumnya kami bisa terus mengalahkan Sudket/Saralee, kali ini pun seharusnya begitu,” ungkap Tontowi dalam website resmi PBSI.


Keduanya mempercepat tempo permainan di babak penentuan tersebut. Hal ini menyulitkan Sudket/Saralee untuk mengejar ketertinggalannya.


“Tontowi mampu mempercepat tempo permainan hingga kami mampu unggul jauh, dan kami pun semakin percaya diri. Memang pertemuan kali ini tidak semudah yang sebelumnya, Sudket/Saralee sedang berada di top performance mereka, apalagi mereka pemain senior dan bola-bolanya matang,” tambah Liliyana.


Kejutan terjadi di sektor putra. Pemain Korea Shon Wan Ho meraih gelar juara tunggal putra setelah mengalahkan pemain nomor satu dunia Lee Chong Wei (Malaysia), 21-18, 14-21, 21-19. Sebaliknya unggulan kedua asal Korea Ko Sung Hyun/Yoo Yeon Sung kalah di final ganda putra. Pasangan Thailand Bodin Isara/Maneepong Jongjit berhasil mengalahkan pasangan negeri gingseng tersebut dengan rubber game 21-17, 14-21, 21-14. Sementara gelar tunggal putri dimenangkan Li Xuerui (China) dan ganda putri direbut pasangan Korea Jung Kyun Eun/Kim Ha Na. (NM)