Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Korea Junior Open Badminton Championship 2013] Tujuh Atlet PB Djarum Berlaga di U15
12 November 2013
[Korea Junior Open Badminton Championship 2013] Tujuh Atlet PB Djarum Berlaga di U15
 
 

Persaingan bulutangkis internasional kini tak hanya milik pemain di kelas nomor dewasa. Turnamen-turnamen di nomor junior pun kini semakin marak setelah Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) mulai memiliki ranking junior. Dan persaingan secara internasional pun kini sudah dimulai diusia yang sedini mungkin.

Pekan ini, pemain-pemain junior U17 dan U15 asal PB Djarum bertolak ke Jeonju, Korea. Mereka akan berada disana untuk turut serta bergabung dalam Korea Junior Open Badminton Championship dimana ini merupakan agenda Konfedeasi Bulutangkis Asia (BAC). Di nomor U15, PB Djarum menurunkan tujuh atlet terbaiknya untuk bersaing di negeri ginseng.

"Sekarang persaingan di junior sudah mulai ketat, negara lain sudah memiliki Pelatnas junior. Untuk bisa bersaing di dunia internasional, maka pengalaman bertanding melawan pemain asing harus diberikan sejak dini, maka dari itu kami memutuskan untuk mengirim atlet muda kita ke Korea Junior, karena kita bisa menguji kemampuan mereka disana," ujar manager PB Djarum, Fung Permadi beberapa waktu lalu.

Rinov Rivaldy yang berhasil menjadi juara di ganda putra dan ganda campuran Blibli.com Flypower Asia youth Junior Championship U15 2013 di Kudus bulan Oktober lalu, menjadi salah satunya. Ia akan turun di dua nomor yakni tunggal putra dan ganda putra bersama Rifky Nur Alam, ia tak turun di nomor ganda campuran setelah nomor ini tidak dipertandingkan. Rinov akan berlaga hari ini (12/11) di nomor tunggal putra, ia akan berhadapan dengan Cha Jong Keun dari Korea, jika lolos Rinov akan kembali berlaga melawan Lee Joong Keun di hari yang sama.

Di ganda putra sendiri, dua ganda PB Djarum berada di dua daftar unggulan teratas. Rinov/Rifky diunggulkan ditempat kedua, sementara unggulan teratas dihuni oleh Dikcy Cahya Yustiwa/Jericho See Dartagnan, keduanya mendapat bye di babak pertama dan baru akan berlaga di babak kedua.

Sektor ganda putri, Vania Arianti Sukoco/Serena Kani bertengger di unggulan teratas. Mereka akan menanti pemenang antara Kim Eun Ha/Kim Eun Soo melawan Lee Hyun Jung/Choi Ya Jin. Jika mampu menembus babak perempat final, kemungkinan mereka akan berjumpa si kembar Sung Ah Young/Sung Na Young yang mengalahkan mereka di final Blibli.com Flypower Asia youth Junior Championship U15 2013.

Di nomor tunggal putri, PB Djarum menurunkan dua atlet muda, mereka adalah Putri Ayu Desiderianti yang menempati unggulan ketiga, dan Serena Kani. Jika Putri mendapat bye di babak pertama, Serena harus bertarung melawan Lee Yo Mi yang dijadwalkan bertanding besok (13/11). (IR)