Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Kilas Balik 2018] Owi/Butet Taklukkan Istora
24 Desember 2018
[Kilas Balik 2018] Owi/Butet Taklukkan Istora
 
 

Impian pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir untuk menaklukkan Istora Senayan terwujud. Aura magis venue kebanggaan Indonesia ini akhirnya bisa ditaklukkan. Tak tanggung-tanggung, ia melesat menjadi juara di depan publik Istora pada kejuaraan bulutangkis Blibli Indonesia Open 2018, salah satu kejuaraan bulutangkis dengan hadiah besar.

Pasangan yang biasa disapa dengan Owi/Butet ini sempat diragukan untuk menjadi juara di kejuaraan yang menyediakan hadiah total US$ 1.250.000,- . Apalagi ia dan  Butet belum berhasil bisa meraih gelar juara sampai pertengahan tahun 2018. Di tambah Owi/Butet harus bersaing dengan darah muda macam Zheng Siwei/Huang Yaqiong, Wang Yilyu/Huang Dongping, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dan juga tentunya ganda-ganda campuran dari Indonesia. Tapi Owi dan Butet menjawab keraguan dengan akhir yang manis. Dari babak pertama sampai final, semua lawan dibabat hanya dalam dua game termasuk wakil Tiongkok Zhang Nan/Li Yinhui. Zhang/Li dikalahkan Owi di babak perempat final dengan 21-17, 21-14. Di babak semifinal giliran pasangan Indonesia lainnya, Hafiz Faisal/Gloria Emanuelle Widjaja, juga dihentikan dalam dua game 21-18, 21-8. Partai ulangan Olimpide Rio 2016 terulang di babak puncak. Owi/Butet bertemu lagi dengan ganda Malaysia, Chan Peng Son/Goh Liu Ying. Bak reuni, Owi/Butet kembali bisa menang dengan balutan angka terakhir 21-17, 21-8. Selain bisa mempertahankan gelar juara, gelar ini juga menjadi pembuktian jika iOwi/Butet bisa menaklukkan keangkeran dari Istora Senayan.

Gelar di Indonesia sepertinya menjadi satu-satunya yang bisa diraih di tahun 2018 ini. Owi/Butet sebenarnya mampu menembus setidaknya tiga babak final. Tetapi sayang, ia gagal merengkuh gelar juara usai kalah di babak puncak. Dan pasangan Tiongkok Zheng Siwei/Huang Yaqiong masih menjadi mimpi buruk baginya. Di kejuaraan Indonesia Masters 2018, Owi dan Butet harus menerima kenyataan kalah dari Zheng/Huang dengan 14-21, 11-21. Zheng/Huang jualah yang ikut andil memupus asa Owi/Butet di Asian Games 2018. Di babak semifinal Denmark Open 2018 Owi/Butet juga harus menerima kekalahan dari lawan yang sama.

Di kejuaraan Badminton Asia Championship 2018 pasangan Tiongkok lainnya Wang Yilyu/Huang Dongping mengubur impiannya di babak final. Ganda Malaysia Goh Soon Huat/Lai Shevon Jamie ikut mengalahkan Owi/Butet di babak final Singapore Open 2018.

Owi sempat dicoba berpasangan dengan pemain spesialis ganda putri Della Destiara haris. Tetapi uji coba pertama di kejuaraan Hongkong Open 2018 gagal total. Owi/Della kalah di babak pertama dari pasangan Jepang, peraih gelar All England 2018 Yuta Watanabe/Arisa Higashino dengan 15-21, 9-21.

Tahun 2019 mendatang, akan menjadi tahun terakhir bagi publik bulutangkis untuk dapat menyaksikan pasangan Owi/Butet berlaga. Pasalnya, usai kejuaraan bulutangkis Indonesia Masters 2018, Butet memilih untuk mundur dari hingar bingar bulutangkis dunia. (AR)