Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Korea Open Super Series Premier 2013] Berharap Pada Tommy dan Sony
09 Januari 2013
[Korea Open Super Series Premier 2013] Berharap Pada Tommy dan Sony

Sumber foto: pb-pbsi.org

Babak pertama Korea Open Super Series Premier 2013 akan dimulai hari ini (9/1). Di sektor tunggal putra, beberapa atlet batal hadir termasuk Taufik Hidayat unggulan delapan, Sho Sasaki, Daren Liew dan Ajay Jayaram. Namun, tentu hal ini tak lantas mengurangi sengitnya sektor paling bergengsi ini. Tempat-tempat kosong pun diisi oleh Villie Lang, Huan Gao, Suppanyu Avihingsanon dan Chan Yan Kit.

Lee Chong Wei asal Malaysia masih kokoh berada di ranking 1 dunia yang membuatnya menjadi unggulan pertama di turnamen perorangan paling bergengsi ini. Ia akan menantang tunggal yang diproyeksikan menjadi penerus Lin Dan, Wang Zhengming asal China. Jika lolos, Lee akan menantang pemenang antara tunggal Indonesia, Tommy Sugiarto yang akan bertarung melawan Marc Zwiebler asal Jerman. Rekor pertemuan antara Tommy dan Marc sejauh ini adalah 1-1. Pertemuan terakhir yang terjadi di Hong Kong Open 2012 bulan November lalu, Tommy sukses menang dalam pertarungan tiga game 21-17, 19-21 dan 21-17.

Jika Tommy berhasil lolos ke babak kedua, tentu pertemuannya melawan Lee di atas kertas akan dimenangkan Lee. Tetapi Tommy yang akhirnya kembali di panggil ke Pelatnas, satu tahun terakhir menunjukkan grafik meningkat dimana ia berhasil beberapa kali merepotkan pemain-pemain papan atas.

Sementara satu wakil Indonesia lainnya Sony Dwi Kuncoro tergabung di papan bawah undian. Ia akan berhadapan dengan pemain senior Thailand, Boonsak Ponsana di babak pertama. Pertemuan nanti akan menjadi pertemuan kedelapan mereka, Sony tertinggal 3-4. Di pertemuan terakhir September tahun lalu, Sony harus mengaku keunggulan Boonsak dengan 21-14, 17-21 dan 18-21.

Jika lolos dari hadangan Boonsak, kemungkinan besar Sony akan berhadapan dengan unggulan dua asal China, Chen Long. Tunggal yang tercatat pernah mengalahkan Lee Chong Wei ini akan berhadapan dengan tunggal Singapura, Yong Zhao Ashton Chen yang lolos dari babak kualifikasi kemarin (8/1).

Sementara unggulan lainnya diprediksi akan terus mulus melaju ke babak kedua. Du Pengyu yang merupakan runner up Djarum Indonesia Open Super Series Premier 2012 lalu akan menantang Tien Chen Chou dari Taipei. Pertarungan sengit diperkirakan akan terjadi antara unggulan lima, Kenichi Tago asal Jepang yang akan berhadapan dengan pangeran bulutangkis baru asal Denmark, Jan O Jorgensen. Sedangan tunggal andalan Vietnam, Nguyen Tienh Minh akan bersua atlet andalan Hong Kong, Wong Wing Ki. Sedangkan Chen Jin yang merupakan unggulan tiga akan menantang yuniornya Hao Guan. (IR)