Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Taklukan Jepang, Indonesia ke Semifinal
18 Agustus 2011
Taklukan Jepang, Indonesia ke Semifinal
 
 

Perhelatan Universiade untuk cabang olahraga bulutangkis, telah memasuki hari kedua kemarin (17/8). Di hari kemerdekaan Indonesia yang ke-66 tersebut, punggawa dan srikandi merah putih melakoni dua laga. Yakni laga terakhir penyisihan grup, dimana mereka unggul 4-1 atas Jerman, dan akhirnya meraih tiket ke semifinal setelah menundukkan Jepang dengan 3-1.

Di laga penyisihan grup terakhir, Indonesia lagi-lagi kehilangan angka dari nomor tunggal putra. Nomor yang digawangi oleh Senatria Agus Setia Putra ini, kembali harus menelan kekalahan setelah menyerah dua game langsung dari Lukas Schmidt 18-21 dan 22-24. Kekalahan ini menyamakan angka menjadi 1-1 setelah di pertarungan sebelumnya Ricky Widianto/Shendy Puspa Irawati menang atas Josche Zurwonne/Carla Nelte 21-19 dan 21-16.

Tiga pertai berikutnya menjadi milik merah putih. Rendy Sugiarto/Afiat Yuris menang atas Josche Zurwonne/Peter Ludwig Kaesbauer, 21-16 dan 21-12. Sementara Bellaetrix Manuputy memastikan kemenangan dengan menundukkan Kim Carmen Buss dengan mudah 21-4 dan 21-11. Partai kelima, mempertemukan Jenna Gozali/Komala Dewi yang tampil baik untuk menuntaskan perlawanan ganda Jerman, Carla Nelte/Johanna Goliszewski , 21-19 dan 21-14.

Memuncaki klasemen grup C, Indonesia ditantang runner up grup A, Jepang yang berada dibawah China. Berhadapan dengan Jepang, Indonesia membuka kemenangan melalui ganda campuran merah putih terbaik yang hadir di Shenzhen, Ricky Widianto/Shendy Puspa Irawati. Mereka melalui pertarungan ketat tiga game, kalah 19-21 di game pertama dari pasangan Takeshi Kamura/Yui Miyauchi mereka mengamuk dan menuntaskan dua game berikutnya dengan 21-12 dan 21-12.

Skor menjadi 1-1, setelah Senatria kembali gagal mempersembahkan angka kemenangan di tunggal putra. Ia menyerah dari Takuma Ueda dengan 18-21 dan 9-21. Namun, Indonesia berhasil memperbesar kemenangan setelah Hera Desi Ana Rachmawati yang turun di tunggal putri, mampu menyudahi Chiaki Tamura dengan 21-14 dan 21-18.

Kemenangan pun ditentukan oleh pasangan ganda putra Ryan Agung/Angga Pratama. Perempat finalis Djarum Indonesia Open (DIO) Premier Super Series 2011 itu berhasil menundukkan Takuma Ueda/Takeshi Kamura, 21-17 dan 21-12.

Di babak semifinal nanti, Indonesia akan berhadapan dengan China Taipei yang menundukkan Inggris Raya dengan skor 3-0. Sedang di semifinal lainnya akan seling berhadapan China dengan Thailand. China unggul telak 3-0 atas Malaysia, sementara Thailand harus berjibaku untuk bisa menundukkan Korea Selatan dengan 3-1.

Partai semifinal sendiri akan berlangsung pada pukul 09.00 waktu setempat, dan kemudian perebutan medali emas akan berlangsung mulai pukul 18.30 waktu setempat.