Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Swiss Open 2019] Diakui Rinov/Mentari, Kekalahan Ini Faktor Non Teknis
17 Maret 2019
[Swiss Open 2019] Diakui Rinov/Mentari, Kekalahan Ini Faktor Non Teknis
 
 

Pertandingan babak final sektor ganda campuran sudah berakhir. Hasilnya pasangan unggulan delapan Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari hanya bisa berdiri dipodium runner up pada kejuaraan Swiss Open 2019. Laga final, Minggu (17/3) tadi pasangan Indonesia itu dikalahkan pasangan dari Denmark, Mathias Bay-Smidt/Rikke Soby.

Berlaga di ST Jakobshalle Basel, Swiss. Rinov/Mentari dipaksa takluk dalam drama pertarungan rubber game dengan angka akhir, 18-21, 21-12 dan 16-21. Atas kekalahannya dari pasangan Denmark itu, Rinov mengatakan bahwa itu disebabkan karena lebih banyak ke faktor non tehnisnya.


Kami bermain tidak seperti kemarin-kemarin, kelihatan sekali tidak lepas dan tertekan. Kekalahan hari ini lebih banyak ke faktor non teknisnya. Bukan tegang karena ini final sih, kami antiklimaks mainnya,” kata Rinov, dilansir badmintonindonesia.org.

Mengenai pertandingan tadi, Rinov/Mentari sempat unggul di pembukaan game pertama. Namun sayang, takdir berkata lain, justru malah mengalami kekalahan. Beruntung, Rinov/Mentari kembali membuka harapan saat memenangkan game kedua. Kembali di game ketiga, Rinov/Mentari tertinggal jauh hingga 3-9. Berhasil mendekat 9-10, lagi-lagi pasangan Denmark yang tak diunggulkan ini berhasil menggoyang pertahanan Rinov/Mentari .

“Setelah menang di game kedua, di ketiganya mereka sudah tahu pola kami, kami keserang lagi. Untuk saya pribadi, fokus, defense dan power saya harus diperbaiki lagi,” sahutnya Mentari.


Sebenarnya, kejuaraan Swiss Open 2019 ini merupakan turnamen yang ke empat bagi Rinov/Mentari dalam rangkaian turnamennya ke benua Eropa. Mulai dari kejuaraan Spain Masters, German Open, All England dan terakhir di Swiss Open ini.


Kami harus perbaiki dari non teknisnya dulu. Bagaimana caranya harus in langsung, sudah turnamen level ini harus main safe banget. Kami bersyukur dengan hasil ini, tapi sebetulnya kami ada kesempatan juara,” tutup Rinov. (ds)