Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Jepang Perkasa
11 April 2011
Jepang Perkasa
 
 

Jepang memborong tiga gelar juara pada turnamen Australia Grand Prix Gold 2011. Thailand yang bisa menempatkan dua wakil di babak final harus rela berbagi gelar dengan China dan masing-masing hanya bisa merebut satu gelar.

Gelar pertama di raih Jepang melalui nomor ganda putri. Bertanding dinomor ini, antara unggulan keempat Shizuka Matsuo/Mami Naito melawan mantan pasangan nomor dua dunia asal Malaysia Wong Pei Tty/Chin Eei Hui. Hanya dengan skor 21-18, 21-11, pasangan Jepang mampu merebut gelar juara ganda putri.

Jepang memastikan merebut gelar juara kedua setelah terjadi All Japans Final di ganda putra. Saling berhadapan unggulan keempat dan kelima yang keduanya. Dalam pertandingan yang berlangsung selama tiga puluh sembilan menit, Hiroyuki Endo/Kenichi Harayaka bisa mempecundangi Naoki Kawamae/Shoji Sato yang diunggulkan diatasnya dengan 21-17, 21-18.

Gelar ketiga di raih pebulutangkis tunggal putra Jepang Sho Sasaki. Pemain yang hanya berada di unggulan keenam bisa mengalahkan pemain veteran Malaysia Wong Choong Hann dengan 21-11, 12-21, 21-19. Pertandingan final tunggal putra juga menjadi satu-satunya pertandingan yang harus dimainkan dengan rubber game dan memakan waktu yang paling lama yakni 58 menit.

Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii gagal menambah gelar juara bagi Jepang setelah di partai puncak dikalahkan unggulan kedua asal Thailand Songphon Anugriyatawon/Kunchala Voravichitchaikul dengan 15-21, 9-21.

Di tunggal putri, gelar juara kembali di kuasai oleh pemain negeri tirai bambu, China. Liu Xin, pemimpin unggulan di tunggal putri masih terlalu tangguh bagi pemain Thailand Porntip Buranaprasertsuk. Meski Pemain Thailand bisa mengalahkan pemain China lainnya Wang lin di babak semifinal, namun saat menghadapi Liu Xin, unggulan ke enam ini tak berdaya. Hanya dalam dua set, Liu Xin yang baru saja menjuarai Turnamen Yonex Jerman Open 2011 mengalahkan pemain Thailand dengan 21-14, 21-9. (AR)

Hasil lengkap

Tunggal putra : Sho Sasaki (JPN) - Wong Choong Hann (MAS) : 21-11, 12-21, 21-19

Tunggal Putri : Liu Xin (CHN) - Porntip Buranaprasertsuk (Tha) : 21-14, 21-9.

Ganda Putra : Hiroyuki Endo/Kenichi Harayaka (JPN) - Naoki Kawamae/Shoji Sato : 21-17, 21-18

Ganda Putri : Shizuka Matsuo/Mami Naito (JPN) - Wong Pei Tty/Chin Eei Hui : 21-18, 21-11

Ganda Campuran : Anugriyatawon/Kunchala Voravichitchaikul (THA) - Hirokatsu Hashimoto/Mizuki Fujii (JPN) : 21-15, 21-9.