Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [BWF World Junior Championships 2017] Dengan Empat Pemain, Korea Sukses ke Semifinal
12 Oktober 2017
[BWF World Junior Championships 2017] Dengan Empat Pemain, Korea Sukses ke Semifinal
 
 

Korea memang diunggulkan di tempat teratas di perburuan Piala Suhandinata tahun 2017 ini. Di Blibli.com Yonex-Sunrise World Junior Championships 2017 ini, mereka hanya diperkuat oleh empat atlet di nomor beregu.

“Kami memang diunggulkan di tempat pertama, tetapi pemain-pemain andalan kami belum bisa hadir. Mereka baru datang ke Indonesia tanggal 14 nanti. Hal ini disebabkan di Korea saat ini sedang berlangsung kejuaraan nasional (Kejurnas),” ujar Kim Hak Kyun, kepala pelatih junior Korea.

Ia menuturkan bahwa jadwal turnamen Korea di bulan Oktober cukup padat, dan tidak mungkin mereka mengganti jadwal Kejurnas. “Tahun lalu WJC berlangsung awal November, tetapi tahun ini Oktober. Kami cukup kaget karena memang waktunya bersamaan dengan Kejurnas di Korea. Dengan tidak membawa pemain andalan kami, dan hanya membawa atlet berusia 15 dan 16 tahun ini, kami tidak memiliki target tertentu di sini, hanya ingin memberikan pengalaman bertanding kepada atlet-atlet yang saat ini bermain di beregu,” tambahnya.

Selamat perebutan Piala Suhandinata digelar sejak Senin (9/10) lalu, mereka hanya diperkuat oleh Kim Seong Jae, An Se Young, Ki Dong Ju dan Jeong Min. Mereka berhasil menang 4-1 atas Kanada, menang 5-0 atas Sri Lanka, dan menang 3-1 atas Rusia di play off Grup A.

Baca juga: [BWF World Junior Championships 2017] Perancis Beri Perlawanan Sengit

“Kami sebenarnya hanya datang untuk berusaha bisa meraih tiket ke perempat final. Kami juga tidak menyangka bisa sampai ke semifinal. Bahkan saat saya melaporkan hasil pertandingan hari ini, pengurus (bulutangkis di Korea) juga tidak menyangka bahwa kami bisa masuk ke semifinal. Tentu ini menjadi sebuah pengalaman bagus bagi atlet-atlet muda kami. Mereka akan menjadi bekal kami dalam turnamen junior dua tahun ke depan,” tambahnya.

Mengenai peluang berhadapan dengan Malaysia di babak semifinal besok (13/10), Kim tak bisa berbicara banyak. Ia mengakui bahwa Malaysia adalah tim yang sangat kuat dibanding dengan tim Korea yang ada saat ini.

“Malaysia, Jepang, Indonesia, China memang menjadi tim yang kuat di junior. Untuk peluang di semifinal, saya akan instruksikan anak-anak untuk main semaksimal mungkin. Dan jadikan ini sebagai ajang berlatih dan mencari pengalaman,” pungkasnya. (RI)

Baca juga: [BWF World Junior Championships 2017] Gagal ke Semifinal, Ini Evaluasi Susy