Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > Indonesia Satu Grup Dengan China
05 Oktober 2009
Indonesia Satu Grup Dengan China
 
 

Tim Indonesia berada dalam satu grup dengan juara bertahan China dalam nomor beregu Kejuaraan Dunia Junior 2009 yang akan digelar di Kedah, Malaysia 23 Oktober-1 November mendatang.

Menurut hasil pengundian pertandingan yang disiarkan situs resmi Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), Kamis, Indonesia ditempatkan dalam Grup W bersama China, Rusia, Selandia Baru dan Makau.

Total sebanyak 22 tim akan berkompetisi dalam turnamen beregu yang dikenal dengan Piala Suhandinata (diambil dari nama Suharso Suhandinata, tokoh bulutangkis asal Indonesia) itu.

Kejuaraan beregu campuran tersebut akan diikuti nomor perseorangan di tempat yang sama mulai 28 Oktober. Ke-22 tim peserta akan dibagi ke dalam empat Grup; W, X, Y dan Z. Namun untuk Grup X dan Y, masing-masing akan dibagi ke dalam dua sub-grup yang terdiri atas tiga tim setiap sub-grupnya. Grup W dan Z masing-masing terdiri atas lima tim.

Juara setiap grup akan lolos ke semifinal sementara tim lainnya akan mengikuti play-off untuk menentukan peringkat. Pemenang sub-grup X1 dan sub-grup X2 akan bertemu untuk menentukan juara Grup X. Prosesnya sama bagi tim-tim dalam Grup Y.

Tahun lalu, China keluar sebagai juara diikuti Korea, Malaysia dan India. Akan tetapi Korea, tidak bertanding dalam nomor beregu tahun ini. Sementara kontingen Indonesia harus puas berada di peringkat ketujuh.

Tim Indonesia yang akan berlaga dalam Kejuaraan Dunia Junior terdiri atas gabungan pemain Pelatnas Pratama dan non-pelatnas. Enam pemain non-pelatnas yang akan memperkuat tim adalah Andre Marteen (tunggal putra), Febby Angguni, Elizabeth Purwanigtyas, Ana Rovita (tunggal putri) dan pasangan Muhammad Ulinnuha/Berry Anggriawan (ganda putra).

Sedangkan pemain dari Pelatnas Pratama adalah Ary Trisnanto, Evert Sukamta dan Hermansyah (tunggal putra), Siti Anida Lestari Qoryatin (tunggal putri), Angga Pratama/Rendy Sugiarto (ganda putra), Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Runaidah, Ni Made Claudia Ayu Wijaya/Della Destiara (ganda putri).

Para pemain ganda putra dan ganda putri tersebut juga akan tampil pada ganda campuran ditambah Kevin Alexander yang akan berpasangan dengan Suci. "Para pemain Pratama yang sedang berlatih di Akademi Militer Magelang akan masuk ke Pelatnas Cipayung pada Sabtu (3/10) karena masa latihan mereka di sana sudah selesai," ujar Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Lius Pongoh.

Lius berharap, pemain dari luar Pelatnas dapat bergabung untuk berlatih bersama mulai Senin (5/10).

Berikut pembagian grup nomor beregu Kejuaraan Dunia Junior:
Grup W: China, Indonesia, Rusia, Selandia Baru, Macau.
Grup X: Sub-Grup X1: Thailand, Jerman, Vietnam; Sub-Grup X2: Hong Kong, Denmark, Sri Lanka.
Grup Y: Sub-Grup Y1: India, Kanada, Filipina; Sub-Grup Y2: Taiwan, Inggris, Australia.
Grup Z: Malaysia, Jepang, Perancis, Singapura, Kamboja.

Sumber : kompas.com