Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Piala Thomas & Uber 2018] Firman Bawa Indonesia Menjadi Juara Grup
23 Mei 2018
[Piala Thomas & Uber 2018] Firman Bawa Indonesia Menjadi Juara Grup
 
 

Tim Piala Thomas Indonesia akhirnya berhasil menjadi juara Grup B setelah memenangkan pertandingan terakhir melawan tim kuat Korea. Firman Abdul Kholik menjadi pemain penentu kemenangan Indonesia atas Korea. Setelah berbagi angka sama  2-2, pemain bertangan kidal asal Indonesia ini bisa memenangkan pertandingan melawan tunggal terakhir Korea Ha Ying Woong dengan rubber game 20-22, 21-15 21-12. Indonesia akhirnya menang dengan kedudukan akhir 3-2.

Secara serangan sebenarnya Firman lebih unggul. Terbukti pada perolehan angka, firman melesat jauh 20-12 di game pertama. Tetapi yang terjadi sungguh di luar dugaan. Usaha Firman untuk meraih satu angka tidak pernah bisa. Malah lawan mampu menyamakan kedudukan menjadi 20-20 dan berbalik menang 22-20.

Di game kedua, serangan Firman juga banyak membuahkan hasil. Firman melesat jauh meninggalkan lawan dengan 16-4. Kubu Indonesia semat dibuat khawatir kejadian di game pertama terulang, karena  mendadak lawan mendulang enam angka berturut-turut untuk merubah kedudukan menjadi 10-16. Tetapi Firman menjawabnya dengan melesat menang 21-15.

Di game ketiga Firman tidak merubah pola permainan. Serangan-serangannya tetap menjadi andalan. Dengan pola ini, Firman tidak terbendung dan menang dengan 21-12.

Menang 3-2 dari Korea membuat Indonesia menduduki peringkat pertama di grup B dengan tiga kali menang tanpa pernah mengalami kekalahan. Peringkat kedua ditempati oleh Korea. Sementara tuan rumahThailand ada di urutan ketiga. Kanada menjadi juru kunci. Tim terlemah di grup B ini tidak pernah satu kalipun bisa memenagipertandingan. Juara dan runner up grup berhak meneruskan pertandingan ke babak perempat final.

Lawan Indonesia di babak perempat final masih belum diketahui. Pengundian masih akan dilakukan untuk mencari lawan di babak delapan besar. (AR)