Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Blibli Indonesia Open 2018] Fajar/Rian Bungkam Juara Dunia
06 Juli 2018
[Blibli Indonesia Open 2018] Fajar/Rian Bungkam Juara Dunia

Setelah memastikan satu tiket final ganda campuran di arena Blibli Indonesia Open 2018, maka Indonesia pun dipastikan akan memiliki satu wakil di final ganda putra. Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon akhirnya akam berjumpa dengan kompatriotnya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Langkah Fajar/Rian ke partai semifinal dipastikan setelah mereka berhasil membungkam juara dunia 2017, Zhang Nan/Liu Cheng dalam pertarungan dramatis pada Jum’at (6/7) malam. Bermain di hadapan pendukung sendiri, Fajar/Rian yang sempat tertekan di paruh awal game pembuka dan tertinggal 10-13 justru bisa membalikkan keadaan untuk unggul 15-13. Mereka pun berhasil mempertahankan keunggulan mereka dan kemudian menutup game ini dengan 21-18.

Di game kedua, Fajar/Rian pun kembali tertinggal 7-10, sempat unggul tipis 11-10 di interval, Fajar/Rian justru gagal menembus pertahanan Zhang/Liu. Banyak serangan mereka berhasil dipatahkan oleh penghuni ranking dua itu. Mereka kehilangan empat angka beruntun dan tertinggal 14-18. Sempat berupaya untuk mengejar, namun akhirnya mereka harus memainkan game ketiga setelah kalah 18-21.

Di game penentu, Fajar/Rian berhasil memberikan angin segar saat mereka sukses unggul 11-6 di interval. Namun suasana kembali berubah intens, Fajar/Rian kehilangan empat angka beruntun, selisih skor menipis 12-11. Skor bahkan imbang diangka 14 dan bahkan mereka sempat tertinggal 17-19. Namun Istora lantas tak sepi, gemuruh dukungan terus terdengar seiring dengan tiga angka beruntun yang dikumpulkan oleh Fajar/Rian 20-19.

Baca juga: [Blibli Indonesia Open 2018] Hafiz/Gloria: Kami Tak Ingin Cepat Puas

Mereka sempat harus menunda kemenangan mereka setelah beberapa kali Zhang/Liu tetap tampil tenang dan berhasil memaksa adu setting. Di sisi lain, justru Fajar/Rian yang terlihat cukup panik dan terburu-buru. Tercatat Fajar pun sempat gagal melakukan servis. Namun akhirnya mereka pun bersorak dan Istora bergemuruh saat Fajar/Rian sanggup mencuri dua angka beruntun untuk menutup pertandingan dengan 25-23.

Ini merupakan pertemuan kedua bagi kedua pasangan tersebut. Fajar/Rian sebelumnya berhasil menundukkan Zhang/Liu di babak pertama Singapore Open 2017 lalu. Kala itu, Fajar/Rian berhasil menang 21-18 dan 21-19.

Dengan kemenangan ini, maka dipastikan Indonesia akan mengirim wakil ke partai puncak. Fajar/Rian akan berjumpa Kevin/Marcus di laga semifinal yang akan digelar besok (7/7) mulai pukul 12.00 WIB. Hasil pertandingan babak perempat final selengkapnya bisa diakses di sini. (RI)

Baca juga: [Blibli Indonesia Open 2018] Greysia/Apriyani Terhenti di Perempat Final