Turnamen Internasional
Home > Berita > Turnamen Internasional > [Malaysia International Series 2018] Dua Gelar Dari Malaysia
12 November 2018
[Malaysia International Series 2018] Dua Gelar Dari Malaysia

Kabar menggembirakan datang dari negeri Jiran, Malaysia. Sejumlah pemain muda Indonesia menorehkan prestasi yang membanggakan. Dua gelar juara berhasil direbut oleh para pemain muda dari kejuaraan bulutangkis Malaysia International Series 2018. Gelar dipersembahkan dari nomor ganda campuran dan tunggal putra.

Para pasangan ganda campuran Indonesia benar-benar mendominasi kejuaraan yang diselenggarakan di Penang, Malaysia. Para pemain muda Indonesia menguasai sejak babak perempat final. Empat pasang ganda Indonesia ada di babak delapan besar. Dan yang lebih hebat lagi, ke empat ganda campuran Indonesia tersebut, semuanya masuk ke babak semifinal. Otomatis tidak ada satu tempat tersisa di babak empat besar bagi negara lain. Bisa dipastikan gelar juara sudah berada dalam genggaman Indonesia sejak babak semifinal dimainkan. Gelar juara akhirnya direbut oleh pasandan Andika Ramadiansyah/Bunga Firtiani Romadhini yang di babak final mengalahkan rekannya, Fachryza Abimanyu/Crhystine Mychelle Bandaso dengan rubber game 19-21, 21-15, 21-13.

Perjalanan Andika/Bunga menuju tangga juara dilalui dengan mengalahkan beberapa pasangan unggulan. Di babak perempat final, pasangan Indonesia yang tidak diunggulkan sama sekali ini menang dari unggulan kedua asal Malaysia Hoo Pang Ron/Cheah Yee See dengan 21-18, 21-19. Lalu di babak semifinal giliran rekannya sendiri Renaldi Samosir/Hediana Julimarbela yang menjadi unggulan ketiga ditekuk dengan rubber game 22-24, 21-19, 21-12.

Di tunggal putra, Gatjra Piliang Fiqihila Cupu menjadi juara dengan mengalahkan unggulan kedua dari China Taipei Lu Chia Hung dengan straight game 21-15, 21-11. "Alhamdulillah saya bisa juara di sini tapi ini baru awal perjalanan saya. Semoga saya bisa berkarir di level yang lebih dari ini," ujarnya kepada badmintonindonesia.org. "Saya coba main nothing to lose. Engga mikir lawan unggulan unggulan atau bukan, yang penting usaha maksimal," ungkapnya mengenai rahasia kemenangannya.

Dalam daftar perolehan gelar juara, Indonesia dan tuan rumah Malaysia sama-sama mengantongi dua gelar juara. Satu gelar juara lainnya terbang ke Korea dari nomor ganda putra. Pasangan senior Korea, Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol tampil sebagai kampiun.

Daftar Juara

Ganda putra : Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol [KOR] – Lin Shang Kai/Tseng Min Hao [TPE] : 21-18, 30-29

Tunggal putri : Kisona Selvaduray [MAS] – Liang Ting Yu [TPE] : 14-21, 21-7, 21-19

Ganda campuran : Andika Ramadiansyah/Bunga Firtiani Romadhini [INA] - Fachryza Abimanyu/Crhystine Mychelle Bandaso [INA] : 19-21, 21-15, 21-13.

Tunggal putra : Gatjra Piliang Fiqihila Cupu [INA] - Lu Chia Hung [TPE] : 21-15, 21-11.

Ganda putri : Lim Peiy Yee Payee/Thinaah Muralitharan [MAS] – Chung Yu Chieh/Chung Kan Yu [TPE] : 21-17. 21-14