Turnamen Nasional
Home > Berita > TURNAMEN INTERNASIONAL > [Malaysia International Challenge 2013] Berburu Gelar Di Malaysia
12 November 2013
[Malaysia International Challenge 2013] Berburu Gelar Di Malaysia
 
 

Malaysia kembali bergeliat. Kota Kucing yang terletak di Serawak, Malaysia menjadi tujuan pebulutangkis muda untuk mengukir prestasi. Gelar juara jelas menjadi harga mati bagi para pemain pelapis Indonesia yang akan mengikuti kejuaraan Malaysia International Challenge 2013. Di barisan tunggal putra, pemain lapis kedua Pelatnas akan bersaing dengan pemain dari negara lain. Selain atlet Pelatnas, kekuatan tunggal putra Indonesia juga akan datang dari para pemain klub nasional.

Banyaknya pemain yang mendaftar para kejuaraan yang menyediakan hadiah sebesar US$ 15.000,- membuat nomor tunggal putra harus memasukkan hampir sejumlah 64 pemain ke babak utama. Itu belum termasuk dengan pemain yang harus berjuang dari babak kualifikasi. Lima pemain Indonesia diantaranya harus merangkak dari babak kualifikasi,

Di babak  utama tunggal putra Indonesia menempatkan enam pemainnya. Hanya Evert Sukamta yang berhasil masuk dalam daftar unggulan. Mantan pemain Pelatnas ini menempati unggulan ke-10. Pemain Pelatnas asal PB Djarum, Thomi Azizan Mahbub bermain tanpa emblem unggulan. Thomi berada satu papan undian bersama dengan pemain Singapura Chen Yong Zhao Ashton yang menduduki unggulan ke-4. Sebelum bisa bertemu dengan pemain Singapura berperingkat 60 dunia, Thomi harus bisa melewati dua babak awal terlebih dahulu. Di babak pertama Thomy yang masih berada di peringkat 183 dunia akan bertemu pemain China Taipei Lai Chien Cheng. Jika menang, Rahmat Ridzwan pemain Malaysia atau pemain yang lolos dari babak kualifikasi akan ia hadapi.

Di tunggal putri, Indonesia menyertakan tiga pemain, Hana Ramadhini, Ruseli Hartawan dan Yulia Susanto Yosephine.  Hanya Hana Ramadhini yang bisa masuk sebagai pemain unggulan. Ruseli Hartawan malah akan bertemu unggulan ke- 8, Natcha Saengchote asal Thailand di babak kedua. Yulia Susanto Yosephine akan menghadapi Tee Jing Yee, pemain Malaysia yang  bertengger pada unggulan kedua di babak kedua.

Shendy Puspa Irawati menjadi pemain senior yang akan berlaga pada kejuaraan yang di selenggarakan dari tanggal 12-17 Nov 2013. Shendy akan berlaga pada nomor ganda campuran bersama pasangannya Alfian Eko Prasetya, pemain yang sempat menjadi juara Dunia Junior. Tak seperti tunggal putra, ganda campuran langsung menempatkan 32 pasangan di babak utama. Alfian/Shendy menjadi pasangan Indonesia yang menerobos pasangan unggulan. Pasangan yang belum lama di sandingkan ini menempati unggulan ke- 3 di bawah Ong Jian Guo/Lim Yin Loo asal Malaysia yang memimpin daftar unggulan serta Wang Chi Lin/Wu Ti Jung asal China Taipei yang menjadi unggulan ke-2. Lawan mereka di babak pertama akan datand dari pemain yang lolos dari babak kualifikasi. Jika tak ada aral melintang, Alfian/Shendy di perkirakan akan menembus babak semifinal.

Pemain Pelatnas asal PB Djarum lainnya, Rafiddias Akhdan Nugroho yang  berpasangan dengan Shella Devi Aulia juga terdaftar pada kejuaraan ini. Jika berhasil menang di laga pertama saat menghadapi pasangan yang lolos babak kualifikasi, pasangan ganda campura lapis kedua Indonesia ini di perkirakan akan betemu unggulan keempat Mohd Lutfi Zaim Abdul Khalid/Amelia Alisia Anscelly asal Malaysia di babak kedua. Sementara itu, satu pasang ganda campuran Indonesia lainnya Aldo Abdillah Harsono/Gendy Desaula akan menghadapi pasangan dari Vietnam Bui Quang Tuan /Nguyen Thi Mai Anh. (AR)